Luhut Simarmata Marhusip

Bertempat di Ruang Serba Guna HKBP Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu 24 Mei 2008 yang lalu, tepat jam 12.00 wib siang, saya beserta istri dan adik saya menghadiri acara marhusip keponakan saya, Luhut Simarmata dengan Esther Siregar. Acara marhusip ini merupakan acara adat Batak yang mirip-mirip acara tunangan. Dalam acara inilah, untuk pertama kalinya pihak keluarga besar kedua belah pihak bertemu untuk membicarakan rencana pernikahan. Kami bertiga tiba di lokasi tepat jam 12.00 wib siang itu juga. Saya langsung duduk di barisan depan, sebaris dengan Bapaknya Luhut dan abang-abang yang lain anaknya para Bapa Tua dari Ompung DR Simarmata. Jadi kami para Bapa Uda-nya (paklik-nya) Luhut sebaris dengan Bapaknya Luhut dan Juru Bicara (Raja Adat) Simarmata.....
.
Luhut ini, atau nama lengkapnya Barita Martin Parluhutan Simarmata, ST, merupakan anak pertama dari abang sepupu saya dari pihak Bapak, yaitu Abang Ir. Berlin Simarmata,MM dengan Akang boru Sinaga, yang kebetulan Sintua di HKBP Kebayoran Baru tersebut. Abang sepupu saya ini merupakan anak pertama dari Bapa Tua (alm) saya, yang sering saya sebut Bapa Tua Tebing karena tinggalnya di Tebing Tinggi, Sumatra Utara. Tetangga dari atasan saya terdahulu, Bpk Drs. Mangatas Panjaitan, MSc, yang sekarang Direktur Keuangan di PT Transgasindo (anak perusahaan PGN). Sedangkan mendiang Bapa Tua itu merupakan anak laki-laki pertama dari Ompung DR Simarmata yang sering saya sebut Ompung Toba. Jadi udah kebayang kan pentingnya acara ini. Luhut ini sangat jarang saya ketemu. Begitu juga adik2nya. Cuma si Fany yang beberapa kali saya ketemu, yang paling saya ingat waktu acara resepsi pernikahan saya, selain itu Fany juga punya friendster, jadi sering saya lihat-lihat perkembangannya. Setahu saya, Luhut ini udah kerja di PT Indonesia Power (anak perusahaan PLN).
.
Sedangkan Esther ini, atau nama lengkapnya Esther Duma Basaria Siregar, Dipl.Bert.Wirt., baru sedikit yang saya tau. Setahu saya, ibunya asli orang Jerman. Bapaknya sih jelas orang Batak, yaitu Amang T.M. Siregar. Esther ini sendiri lulusan Jerman.
.
Acara ini cukup lengakap yang hadir. Makanannya dan minumannya banyak. Cuma saya mesti menghindar-hindar dari makanan yang mengandung babi atau sangsang. Dalam acara yang cukup gerah itu, karena tengah hari dan ruangannya gak pake pendingin, kedua belah pihak sepakat bahwa:
.
- Sabtu, 23 Agustus 2008, Pagi, Pemberkatan Nikah di GKI (Gereja Kristen Indonesia) Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan dilanjutkan ...
- Sabtu, 23 Agustus 2008, Siang s.d. Sore, Pesta Adat Pernikahan di Ruang Pertemuan Gedung Muliaraja (klo ga salah), di Jl. Kebon Nanas, Jakarta Timur.
- Minggu, 24 Agustus 2008, Resepsi Pernikahan di Gedung PTIK, Jl. Iskandarsyah, Blok M, Jakarta Selatan
.
Dalam acara ini saya kesulitan untuk foto-foto, cuma dapat 2 atau 3 foto, itupun gak jelas. Namun, selain itu ada foto-foto terkait. Terlihat yang hadir, Inang Tua Tebing (Ompung boru-nya si Luhut), Abang Drs. Ober Simarmata beserta Akang, Abang Rajain Simarmata beserta Akang dan saudaranya si Edu, Kak Renti Simarmata beserta Lae Kol.(P) Dr. Nainggolan, Kak Riomsi Simarmata beserta Lae Ir. J.Sagala, Abang Batuhot Simarmata beserta Akang boru Purba (sama-sama istri boru Purba nih), Abang Bistok Simarmata. Yang ga hadir antara lain, wakil dari BapaTua Am.Tianur dan Lae Ir. John Nainggolan.

Mudah-mudahan acara pernikahan ini dapat berlangsung sesuai rencana.

Photos Slide : Luhut Simarmata Marhusip
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Profile Visitor Map - Click to view visits
Google Search Engine
Google