Sejarah Mensa International

Mensa International adalah organisasi masyarakat IQ tinggi terbesar, tertua, dan paling terkenal di dunia. Organisasi yang bersifat nirlaba ini memang ditujukan hanya untuk orang-orang yang mempunyai IQ tinggi. Syarat satu-satunya untuk menjadi anggota Mensa adalah calon anggota mesti berada di 2% peringkat teratas dalam ujian kepandaian yang telah disetujui. Rata-rata sih di atas 140. Ini klub orang cerdas yang suka bicara bebas.....
.
Mensa didirikan pada tahun 1946 di Inggris oleh Roland Berrill dan Dr. Lancelot Ware. Saat ini Mensa mempunyai lebih dari 100.000 anggota di seluruh dunia; 50.000 di antaranya di Amerika Serikat. Di Indonesia, ada lebih dari 30 anggota aktif yang tergabung dengan Mensa Indonesia saat ini dari hampir 300 anggota yang terdaftar.
.
Anggota termuda sampai dengan Mei 2005 adalah Mikhail Ali dari Inggris yang berusia tiga tahun. IQ-nya adalah 137. Saat ini, anggota termuda adalah George Brown seorang balita berusia 2 tahun yang sudah memiliki tingkat intelegensi sampai 152. Pada usia belum dua tahun ia sudah bisa berhitung sampai 10, mengenal semua warna, bahkan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Perancis walaupun ia lahir dari keluarga Inggris.
.
Mensa mempunyai tiga tujuan, yaitu :
- untuk mengidentifikasi dan mendorong kecerdasan manusia untuk kepentingan kemanusiaan;
- untuk mendorong penelitian hakekat, karakteristik, dan penggunaan intelijensia;
- untuk mempromosikan dan merangsang intelektual dan peluang sosial bagi para anggota.
.
Secara formal, Mensa terdiri dari kelompok2/grup2 Mensa National di beberapa negara dan berinduk ke Mensa International.
.
Mensa itu sendiri dalam bahasa Latin berarti 'meja' yang tergambar dalam bentuk huruf 'M' pad logo-logo Mensa International maupun Mensa2 National di berbagai negara.
.
Dalam website Mensa International (http://www.mensa.org) disebutkan bahwa "Mensa provides a forum for intellectual exchange among members. Its activities include the exchange of ideas by lectures, discussions, journals, special-interest groups, and local, regional, national, and international gatherings; the investigations of members' opinions and attitudes; and assistance to researchers, inside and outside Mensa, in projects dealing with intelligence or Mensa." [Mensa Constitution]
.
Beberapa anggota Mensa di Indonesia sudah pernah mengadakan kegiatan kumpul-kumpul untuk tukar pikiran. Apalagi bila ada anggota Mensa dari luar negeri datang maka beberapa anggota mengadakan penyambutan. Belum ada acara tetap dan topik khusus yang dibicarakan. Sebenarnya banyak pihak bisa memanfaatkannya karena mereka yang punya IQ di atas 140 pasti memiliki daya nalar tinggi. Kemampuan mereka dapat dimanfaatkan untuk memecahkan berbagai masalah secara logis.
.
Secara sepintas, forum orang jenius itu terkesan hanya wadah kumpul-kumpul, hura-hura, atau lobi. Kadang-kadang juga berupa tea house meeting atau birthday meeting. Namun, kalau diorganisasikan rapi, anggota forum bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umum sesuai dengan kemampuan, minat, dan keahliannya. Para anggota bisa membentuk kelompok-kelompok sesuai dengan minatnya. Anggota yang ahli komputer mungkin bisa membentuk klub komputer. Demikian pula dengan minat dan keahlian lainnya, seperti matematika, filsafat, hukum, dan sastra.
.
Untuk mengetahui apakah anda layak jadi anggota Mensa bisa melakukan test di:
http://www.mensa.de/index.php?id=65
.

.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google