The Netherlands, negara dengan 2 ibukota

The Netherlands atau Nederland yang kita kenal sebagai Belanda juga disebut Holland. Bahkan istilah "Belanda" kita itu berasal dari sebutan orang Portugis terhadap Holland, yaitu Holanda. Sedangkan orang Batak bilangnya "Bolanda".:) Yang menarik, ternyata Netherlands dan Holland ternyata artinya beda lho. Kalo Netherlands berarti tanah-tanah yang rendah sedangkan Holland berarti tanah datar. Bahkan mereka sendiri menyebut negara mereka sebagai Koninkrijk der Nederlanden, yang artinya "Kerajaan Tanah-Tanah Rendah". Istilah yang sangat bernuansa geografis. Hehehe.....
.
Jadi, bicara mengenai Belanda, mau gak mau kita harus mulai dari aspek geografis. Memang, salah satu bentuk geografis yang menarik di Belanda yaitu permukaan tanahnya yang sangat rata. Holland... :) Hampir separuh negara ini berada kurang 1 meter di bawah permukaan laut. Walaupun gitu, provinsi Limburg, di bagian tenggara Belanda, sedikit berbukit. Tanah tertinggi ialah Vaalserberg, di provinsi Limburg, tingginya 321 m. Sedangkan permukaan tanh yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6,76 meter di bawah permukaan laut. Wuih...
.
Banyak tanah rendah dibentengi oleh dijk (tanggul) dan dinding laut. Bahkan ada daerah yang direklamasi, misalnya daerah Flevoland. Nah, daerah yang direklamasi itu disebut polder. Banyak banget bendungan atau dam disitu. Orang Belanda memang terkenal jago dalam hal bikin tanggul alias bendungan ato dam. Jadi mirip berang-berang ya....:)
.
Di antara banyak dijk itu, salah satu konstruksi yang terkenal ialah "Afsluitdijk" (Penutup Tanggul), yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul atau ini 32 km dan lebarnya 90 m.
.
Sedangkan sungai-sungai di negara ini adalah sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Maas. Sungai-sungai ini membelah Belanda jadi dua bagian utama. Trus, arah angin yang utama di negeri ini ialah barat daya.
.
Kalo kita lihat di peta, Belanda adalah sebuah negara di Eropa bagian barat laut. Di sebelah timur negara ini berbatasan dengan Jerman, di sebelah selatan dengan Belgia dan di sebelah barat dengan Laut Utara.
.
Amsterdam
.
Secara pemerintahan, Belanda adalah negara monarki konstitusional. Dinasti yang berkuasa yang berkuasa sekarang sejak abad ke-17 adalah Dinasti Oranye. Warna kesebelasa Belanda.:) Pangeran Willem van Oranye adalah pendiri dinasti ini. Dia membebaskan Belanda dari kekuasaan Spanyol, jamannya Raja Philip II. Sampai sekarang pun nama Om Willem van Oranye ini juga diabadikan dalam lagu kebangsaan Belanda, Wilhelmus.:)
.
Yang menarik, ibukotanya ada dua kota, yaitu Amsterdam dan Den Haag. Secara konstitusi (de jure), Amsterdam adalah ibukota negara. Tapi ibukota pemerintahan ada di Den Haag. Negara yang aneh...:)
.
Lambang Kerajaan Belanda
.
Nah, dari Den Haag itu, pemerintah Belanda membawahi 12 provinsi (provincies), yaitu Groningen, Friesland(Fryslân), Drenthe, Overijssel, Flevoland, Gelderland, Utrecht, Noord-Holland (Holland Utara), Zuid-Holland (Holland Selatan), Zeeland, Noord-Brabant (Brabant Utara), Limburg. Setiap provinsi terbagi atas kota-kota (gemeenten). Selain itu, ada beberapa pulau di Karibia yang berada di bawah pemerintahan Belanda, yaitu Antillen Belanda dan Aruba.
.
Peta Belanda, dengan titik merah menandakan ibu kota provinsi
dan titik hitam menandakan kota terkenal lainnya.
.
Secara politik, Belanda adalah salah satu negara yang pernah menguasai Indonesia. Bahkan terlama. Belanda baru mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949, namun sekarang mengakui Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Memang sih, pengakuan kedaulatan yang 27 Desember 1949 itu oleh Ratu Belanda, sedangkan pengakuan kemerdekaan 17 Agustus 1945 itu baru oleh duta besar Belanda untuk Indonesia.
.
The Binnenhof, Den Haag, Pusat Pemerintahan Belanda
.
Selain terkenal dengan dijk (tanggul), Belanda juga dikenal sebagai negeri dengan kincir angin, terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya. Sifat liberalnya menjadi sebutan masyarakat internasional. Walupun, Belanda merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia, namun tingkat kriminalitasnya termasuk terendah di Eropa. Mungkin karena saking liberalnya...:) Bayangkan, aku lihat sendiri banyak perempuan jalan sendiri ato pake sepeda ato ditemanin anjing di sepanjang jalan pada malam hari. Beda banget dengan di Italy yang jarang kita lihat cewek jalan sendiri.
.
Wooden clogs
.
Nah, kalo soal bahasa, lain lagi ceritanya. Bahasa resminya ada dua yaitu Bahasa Belanda dan Bahasa Frisia (khusus di provinsi Friesland/Fryslân). Namun orang Belanda sangat fasih berbahasa Inggris. Bahkan orang-orang di pedesaan pun bisa bahasa Inggris. Pokoknya orang Indonesia dan Italy kalah deh. Mereka bahkan disebut-sebut penutur bahasa Inggris sebagai bahasa asing terbaik di dunia.
.
Tapi saya menduga mereka memang malas berbahasa Belanda. Bahasa Belanda ini mirip memang dengan Bahasa Jerman yang sering saya dengar dari Bapak saya dulu. Bahasa Belanda dan bahasa Jerman sepertinya serumpun. Mereka lebih "jujur" daripada Bahasa Inggris. Maksudku "lebih jujur" karena penulisan dan dibacanya sama. Hehehe. Cuma bedanyan bahasa Belanda dan bahasa Jerman ini mereka suka melebih-lebihkan huruf "R" dan suara tenggorokan. Jadi kalo orang Belanda bicara bahasa Belanda terdengar mirip orang mau buang dahak. Hahaha.
.
Kalo soal seni, sebenarnya Belanda mempunyai banyak pelukis ternama. Pelukis Belanda yang kusuka adalah van Gogh dan Rembrandt. Walaupun menurutku masih kalah dibandingkan pelukis favoritku yaitu Salvador Dali (Spanyol) dan Leonardo da Vinci (Italy), tapi memang alirannya beda. Oh ya, selain Rembrandt van Rijn, pelukis Belanda terkenal abad ke-17 adalah Johannes Vermeer dan Jan Steen. Aku blum punya satu pun tuh copy lukisan mereka berdua. Sedangkan pelukis terkenal abad ke-19 dan 20 dari Belanda selain Vincent van Gogh adalah Piet Mondriaan, M.C. Escher, dan Han van Meegeren. Cuma van Meegeren ini terkenal karena jago memalsu lukisan. Lukisannya sendiri nggak ada tuh yang terkenal.
.
The painting Starry Night by Vincent Van Gogh (1854–1890)
.
Belanda juga negerinya si Desiderius Erasmus dan Baruch de Spinoza. Kalo Erasmus Huis di Jakarta itu merupakan Pusat Kebudayaan Belanda. Sering ada pameran dan pemutaran film disitu. René Descartes pun banyak berkarya di Belanda.
.
Secara umum, orang Belanda suka olahraga. Bila dilihat dari jumlah penduduknya yang relatif sedikit, Belanda banyak memenangkan piala di kejuaraan internasional. Sepak bola adalah cabang olahraga yang paling populer. Selain itu, berenang, sepeda balap, tenis, dan bola voli juga digemari.
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google