Amsterdam Central Station dan sekitarnya

Amsterdam Central Station merupakan petunjuk alias landmark buat semua orang pendatang sepertiku. Kemana-mana pergi pasti patokannya Central Staion ini. Walaupun gak pake kereta, tetep aja berpatokan jauh-dekat atau berapa lamanya waktu selalu ke Central ini. Hehehe.....
sahatsimarmata
.
Central Station adalah pusat Amsterdam, menjadi semacam hub untuk pertemuan beberapa jalur dari satu atau beberapa titik keberangkatan ke banyak tujuan. Bahkan ke luar negeri Belanda. Jaringan jalur trem, kereta api, bus, dan subways diatur di Stationsplein 1. Di Central ini kita dapat membeli tiket untuk sneltrein, stoptrein atau TGV untuk perjalanan di dalam atau keliling Belanda bahkan kalo ke kota-kota besar Eropa lainnya dapat dibeli di salah satu counter atau mesin NS (Nasional Spoorwagen).
.
.
Central Station juga merupakan tempat yang pas untuk naik ferry yang menghubungkan kota ke daerah utara Amsterdam. Kapal ferry ini gratis dan kita dapat mencapainya hanya dengan ke belakang stasiun. Selain itu, semua atraksi penting dan distrik utama di Amsterdam ini dapat dengan mudah dicapai, baik dengan jalan kaki maupun dengan naik trem. Cara paling murah untuk keliling Amsterdam. :-)
.
Bagi pendatang di Amsterdam, perlu kita perhatikan bahwa trem beroperasi hingga tengah malam, yang terakhir akan berangkat pada pukul 12:15 tengah malam waktu setempat. Setelah trem terakhir tersebut, yang ada tinggal bus malam yang berangkat tiap satu jam. Pantas aja aku lihat tiap tengah malam kok banyak bus di depan hotel Victoria.:-)
.
.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di sini. Awas copet dan jangan meninggalkan bagasi tanpa ada yang menjaga. Hati-hati kalo milih stasiun, soale ada beberapa kota yang punya beberapa stasiun. Misalnya Den Haag Centraal Station dan Den Haag Hollands Spoor. Trus, semua peta rute bis dan trem di Amsterdam itu gratis dan tersedia di tourist offices atau loket tiket GVB di depan Central Station dan di samping VVV. Dan kalo perlu informasi transportasi umum, cukup hubungi 09009292, sebutkan tujuan, waktu, dll. Biayanya sih aku blum tau. Layanan ini berlangsung selama hari kerja dari jam 7 pagi sampai tengah malam.
.
Untuk menukar uang, pergi aja ke cabang yang GWK Bank; yang ada di luar Centraal Station, tepatnya di Stationsplein. GWK yang di Centraal Station juga menawarkan Western Union untuk layanan transfer uang. Cuma masalahnya, layanan transfer uang ini cuma bisa ke rekening pribadi. Western Union tidak bisa transfer uang ke rekening perusahaan atau lembaga. Aku sampai capek keliling Amsterdam buat nyari tempat yang bisa ngirim uang ke Euromoney, tetep aja gak ada yang mau.:-(
.
Enaknya disini tuh ada tempat penitipan bagasi. Jadi, kalo kita baru saja check out dari hotel atau harus nunggu waktu untuk check-in tapi gak mau nyeret-nyeret bagasi, simpan aja di lockers yang aman di stasiun. Letaknya di sebelah kanan dari persimpangan jalan utama dan tersiri dari berbagai ukuran. Harganya sekitar 4-5 €uro, tergantung dari ukuran bagasi. Harga tersebut berlaku untuk 24 jam lho. Lumayan...
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google