A Nightmare on Elm Street (2010), Film Daur Ulang Freddy Krueger

Aku ingat banget nih film tahun 80-an (klo gak salah tahun 1984). Film ini merupakan film horor Hollywood paling seram yang pernah aku tonton, selain Jeepers Creepers. Terutama adegan mayat dalam plastik diseret-seret di sekolah itu. Hehehe. Setelah itu, banyak sekuelnya tapi langsung memakai nama tokohnya, si Freddy Krueger, menjadi judul filmnya. Oh ya, kami nonton film A Nightmare on Elm Street (2010) ini pada akhir bulan Mei yang lalu.....
.
Adegan Khas NOES yang Tidak Seram Lagi
.
Klo diperhatikan, legenda tentang Freddy Krueger ini memang tak pernah ada habisnya. Arwah gentayangan pria yang semula adalah pembunuh anak-anak ini terus menghantui. Hampir tak ada yang bisa lepas dari kekejaman Freddy karena ia mampu membunuh siapa pun hanya melalui mimpi. Ya, dunianya adalah dunia mimpi.
.
Tapi masih dengan gaya lama, Freddy Krueger pun menakut-nakuti penonton dengan gaya nya yang muncul secara tiba-tiba dan mengejutkan. Jadi kalau mau tenang menonton film horror ini, sebaiknya anda bersiap-siap dikejutkan dari berbagai arah. Beberapa mungkin mudah untuk ditebak, namun beberapa tidak terduga.
.
Dan yang menarik dari horror gaya Freddy Krueger adalah bahwa ketika kita berpikir sang korban sudah terbangun, ternyata dia masih dalam mimpi. Meskipun masih dengan gaya lama, namun itulah ciri khas Freddy Krueger yang membuatnya berbeda daripada horror lainnya. Sebelum ada film ini sih, saya udah nonton film Freddy cs Jason. Sekedar bernostalgia. Hehehe.
.
Lucu juga melihat penampilan Freddy dengan wajahnya yang serba hancur terbakar, dipikir-pikir ciri khas horror itulah yang diwarisi oleh film horror bangsa kita dalam beberapa dekade belakangan ini. Wajah seram berarti horror. Lewat film ini juga kita akan di refresh mengenai siapa itu Freddy dan darimana ia berasal.
.

Trailer Film NOES 2010
.
Memang sih, semasa hidupnya, Freddy Krueger (Jackie Earle Haley) adalah pembunuh yang telah membantai berpuluh-puluh anak. Nasib pria yang suka mengenakan topi dan baju merah garis-garis ini akhirnya harus berakhir di tangan masa yang membakarnya hidup-hidup. Semula orang-orang mengira bahwa kekejaman Freddy sudah berakhir. Namun ketika beberapa remaja mulai dihantui mimpi buruk tentang pria bertopi dengan cakar yang terbuat dari pisau, barulah mereka sadar bahwa ancaman Freddy belum berakhir.
.

Trailer 2 Film NOES 2010
.
Diceritakan kembali dalam Film A Nightmare on Elm Street ini tentang lima remaja (tentunya udah berganti pemeran) yang terdiri dari Nancy Thompson (Rooney Mara), Kris Fowles (Katie Cassidy), Quentin Smith (Kyle Gallner), Jesse Braun (Thomas Dekker) dan Dean (Kellan Lutz) yang tinggal di Elm Street. Serangkaian peristiwa brutal ini berawal ketika Nancy Thompson (Rooney Mara) mulai mengalami mimpi buruk dikejar-kejar pria bertopi. Kemudian, setiap malam menjelang tidur, semua remaja itu selalu bermimpi didatangi sosok yang sama, pria bertopi dan berwajah rusak dengan memakai sweater lusuh bergaris merah dan hijau. Ditangannya terdapat sarung tangan tukang kebun dengan pisau yang tajam. Oiya, dia kan mantan tukang kebun sekolah.
.

Freddy Krueger in NOES 2010
.
Sosok itu adalah Freddy Krueger (Jackie Earle Haley) yang menghantui remaja Elm Street lewat mimpi buruk. Tapi ketika salah satu dari mereka meninggal dibunuh Freddy, mereka baru menyadari bahwa apa yang terjadi dalam mimpi mereka selama ini benar-benar terjadi, dan satu-satunya cara untuk tetap hidup adalah tetap terjaga, alias bangun.
.
Penasaran dengan mimpi buruknya ini, Nancy pun mulai mencari tahu masa lalu kota tempat tinggalnya. Dari sana Nancy mulai menyadari bahwa orang yang ada di dalam mimpinya adalah Freddy Krueger yang telah meninggal beberapa tahun silam. Celakanya, Freddy kini memiliki kemampuan untuk membunuh lewat mimpi yang artinya Nancy dan teman-temannya tak lagi bisa tidur sampai mereka menemukan cara untuk mengalahkan Freddy.
.
Jadi, insomnia yang bagi sebagian besar orang pastilah suatu masalah yang sangat mengganggu, seperti yang pernah aku alami, tapi bagi warga yang tinggal di jalan Elm (Elm Street) insomnia itu justru merupakan anugerah. Soale sebisa mungkin mereka justru berusaha untuk tidak tidur, karena keberadaan Freddy Krueger...Nama yang sangat familiar dan merupakan momok bagi mereka yang tinggal di jalan Elm.
.
Dan kini, film remake (daur ulang) ini sempat merajai box office USA pada bulan Mei lalu. Film ini mulai ditayangkan akhir pekan tanggal 30 April lalu dan dalam waktu singkat biaya pembuatan sebesar US$35 juta sudah hampir dilampaui. Ternyata pamor film ini pun bagi sebagian orang tak jadi luntur saat sutradara Samuel Bayer mengadaptasi karya Wes Craven ini ke versi baru.
.
Namun demikian, menurutku film ini seperti menghancurkan masterpiece-nya Craven. Di sini terungkap klo Fredy Krueger itu ternyata Pedophili. Adegan mayat dalam plastik diseret-seret di sekolah itu sempat muncul kembali, tapi kok gak seseram dulu ya? Lagipula mamang si Freddy Krueger ini dalam film ini sama sekali nggak seram. Karakter Nancy juga terlihat begitu kaku. Meski film ini cukup tegang dan mendebarkan, namun tetap saja tidak mampu menyamai versi originalnya. A Nightmare on Elm Street yang original masih lebih bagus.
.
Sedangkan klo film-film Freddy Krueger yang lain sebagaimana aku sebutkan di awal yaitu : A Nightmare on Elm Street (NOES), The Dream Master, The Dream Child, New Nightmare, Freddy's Revenge, Freddy's Dead, dan Freddy vs Jason. Jadi klo dihitung termasuk NOES 2010 ini, maka semua ada delapan film yang tokohnya adalah Freddy Krueger. Aku sepertinya dah nonton semua tuh.
.

Poster Film NOES 2010 yang Jarang Ditampilkan
.
Jenis film ini, tentu saja, masuk kategori Thriller. Produsernya adalah Michael Bay, Andrew Form, dan Brad Fuller. Film ini diproduksi oleh Warner Bros Pictures. Homepage film ini bisa dilihat di http://nightmareonelmstreetmovie.com/. Durasi film ini lamanya 95 menit. Pemainnya adalah Jackie Earle Haley, Kyle Gallner, Rooney Mara, Katie Cassidy, Thomas Dekker, Kellan Lutz, Clancy Brown, Connie Britton, Lia D. Mortensen. Sutradaranya adalah Samuel Bayer. Penulisnya adalah Wesley Strick dan Eric Heisserer
.

PhotoSlide of NOES 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google