Mensa Indonesia 2010 December Meeting

.
Setelah bulan November yang sibuk, dimana Mensa Indonesia punya dua kegiatan penting, yaitu Seminar "How to Balance IQ & EQ to be a Chosen Leader" pada tanggal 11 November 2010 dan MENSA (High IQ Society) QUALIFICATION TEST pada tanggal 27 November 2010, maka Mensa Indonesia kembali menggelar pertemuan bulanan di bulan Desember 2010 ini. Tepatnya hari Minggu tanggal 12 Desember 2010, di Pavillion Apartment, Jakarta. Acara dimulai pukul 19.00 wib.
.
Berhubung dimulainya jam 19.00 jadi acara pertama ya langsung dinner alias makan malam bersama. Agenda pada pertemuan kali ini adalah: evaluasi kegiatan-kegiatan di bulan November, progress report hasil test mensa yang dikirim ke Mensa International, dan diskusi tentang korupsi oleh Thomas Hanan Thoha.
.
Makan malamnya enak ala India, ada Kari, dll. Kali ini yang jadi host adalah Sariputra Sumana. Abis makan enak trus dengerin Pak Tom presentasi mengenai korupsi dan lalu lintas.
.

Presentation by Thomas Hanan Thoha
.
Dalam diskusi itu ada benang merah yang dapat disimpulkan. Pertama, kondisi suatu bangsa dapat dilihat dari lalu lintas kendaraan sehari-hari. Kedua, lalu lintas itu mempunyai korelasi dengan korupsi. Makin tidak teratur lalu lintas kendaraan suatu bangsa maka itu merupakan indikator bahwa korupsi juga berpeluang besar di bangsa tersebut. Pengaturan lalu lintas harus dimulai dari mental sejak dini, sejak usia anak-anak. Sekarang sudah jarang pengenalan aturan lalu lintas kepada anak sekolah dan pengalaman mensan yang melihat pengurusan SIM banyak melalui calo alias "nembak".
.
Selain itu, pemberantasan korupsi harus mengenal penyebabnya. Ada beberapa penyebab korupsi, yaitu survival (terpaksa buat bertahan hidup), adanya kesempatan (karena internal control yang lemah), dan karena rakus. Dan tampaknya diskusi ini blum selesai, dan akan dilanjutkan pada kesempatan yang akan datang.
.
Kali ini yang datang adalah Linda Yohana Ijo, Sahat Simarmata, Riyanto Mashan (beserta anaknya), Thomas "Tom" Hanan Thoha, Liliana Widyaningsih, Hardi "Kwik" Siswanto, BW, Swasti Sawitri, dan Anne K. Adijuwono, serta Sariputra Sumana.
.
Pada kesempatan itu juga dibagi kartu anggota Mensa Indonesia. Selain itu juga ada pembagian hardcopy publikasi Mensa bagi yang berminat dan terutama yang belum "go green". Ada Mensa International Journal (bulan Juli s.d. November 2010) dari Mensa International, ada Isolated-M (bulan juli s.d. November 2010) dari American Mensa, dan VISA (edisi 92 dan 93) dari Mensa UK.
.
Pada saat pembahasan progress report test Mensa bulan November yang lalu, akan dipastikan bahwa Mensa International akan mengirim hasilnya kepada seluruh peserta pada akhir Desember 2010. Tugas ini dibebankan pada Sahat Simarmata. Selain itu juga akan dipastikan status Psikolog Mensa Indonesia ke Mensa International, yaitu Risma Silaban sebagai Supervisory Psychologist of Mensa Indonesia. Tugas ini dibebankan kepada Sariputra Sumana.
.
Acara berakhir lewat jam 9 malam. Dan tak lupa kami mengucapkan terima kasih buat Sonia Vaswani dan Pavillion Apartment yang telah menyediakan tempat.
.

Photoslide of Mensa Indonesia December Meeting

.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.    
Cetak halaman ini (Print this page) .... .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google