Pilkada 8-8-2007

Pesta Demokrasi Warga Jakarta di Dekat Rumahku
.
Pada hari Rabu tanggal 8 Agustus 2007 kemaren telah dilakukan pilkada pertama untuk warga Jakarta dalam memilih langsung gubernurnya. Ya, inilah pesta demokrasi warga Jakarta untuk DKI-1 yang nantinya akan selalu naik mobil dinas berplat nomor B 1.
.
Tepat jam 07.30 WIB, TPS 16 Kelurahan Kayu Manis resmi dibuka. TPS ini diperuntukkan untuk warga 3 RT (RT 12, RT 13, dan RT 14) di lingkungan RW 04. Yang terdaftar ada 432 orang. Kebetulan TPS tempatku mencoblos ini dekat sekali dengan rumah, kira-kira berjarak 15m. TPS tersebut bertempat di garasinya Ketua RW ku (Bu Gunawan). Thanks buat Pak/Bu Gunawan.. Tempat warga duduk-duduk pun dipasang tenda ala kadarnya. Lumayanlah.....
.
Istri duluan mencoblos jam 08.00 wib karena aku masih males-malesan di tempat tidur. Aku kemudian mencoblos jam sewkitar jam 09.30 wib.
.
Pengamatanku, pencoblosnya tidak ada orang yang ga aku kenal. Semua tetanggaku. Saksinya juga lengkap, ada dari kubu Fauzi Bowo dan ada dari kubu Adang. Ketua RT ku pun ada disana bersama Ketua RW ku. TPS itu juga dijaga oleh 2 hansip (masih tetanggaku juga) dan 1 polisi.
.
Aku coblos sebentar aja, sebelum Pilkada aku dah menjatuhkan pilihanku. Kampanye tidak merubah apa pun. Adang bagus tapi aku tidak suka dengan cawagubnya dan ketua tim kam kampanyenya yang dulu adalah kakak kelasku sehingga aku tau persis bagaimana orangnya. Setelah mencoblos, aku ngobrol2 sebentar dengan tetanggaku sebelum balik ke rumah.
.
Setelah pukul 13.00 TPS pun resmi ditutup. Aku datang lagi ke TPS untuk melihat penghitungan suara jam 13.30 wib. Sambil nunggu penghitungan suara aku ngobrol lagi sama tetanggaku dan beberapa sukarelawan quick count dan pemantau pilkada yang kebetulan datang. Ada dr LSI (rupanya LSI juga 2 macam) dan LPES.
.
Dari obrolan itu aku tau bahwa di daerah kayumanis yang mereka pantau tidak ada warga gadungan atau pemilih fiktif. Klo dari RT ku udah aku tanya tidak ada yang tidak terdaftar. Isu2 ato black campaign soal warga gadungan, pemilih fiktif, dan pemilih yang tidak terdaftar itu hanya bagian dari intrik politik yang sayangnya banyak yang terperdaya dan ikut menari diiringgi 'gendang' tsb. Dimanapun hal-hal itu pasti ada, tidak mungkin hilang, hanya bisa diturunkan prosentasenya.
.
Bahkan dari TPS ku terungkap warga yang mencoblos hanya 299 orang dari 432 yang terdaftar. Mereka itu ada yang tidak peduli (karena siapapun gubernurnya hidup mereka katanya tidak berubah), ada yang lagi dinas, dan ada yang takut ada kerusuhan jadi keluar kota. Katanya malam sebelumnya ada isu bakal ada kerusuhan yang menyebar di kalangan warga tionghoa. Jadi mereka takut dan memilih ke luar kota.
.
Akhirnya, hasil perhitungan dah selesai. Hasilnya memang sudah diduga, Pak Kumis alias Fauzi Bowo mengungguli Adang, dengan rincian sbb:
.
1. Adang Daradjatun - Dani Anwar = 125
2. Haji Fauzi Bowo - Prijanto = 161
3. Suara Tidak Sah = 13
Total = 299
.
Hasil Quick Count juga mengatakan Fauzi Bowo menang. Selamat.
.

Photos Slide : Pilkada 8-8-2007
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google