Nonton Film The Dark Knight

Sang Ksatria KegeLapan alias The Dark Knight kembali beraksi dan spektakuler. Itu memang julukan yang pantas buat Batman kali ini. Walaupun isinya masih seputar pertikaian Batman dengan Joker, namun film ini sukses mengantarkan The Dark Knight menempati posisi bergengsi dalam box office.....
.
Film yang disutradarai Nolan itu dianggap sebanding dengan sekuel sebelumnya yang juga ditukanginya, Batman Begins. Namun, sepertinya, yang paling berperan dalam kesuksesan The Dark Knight ini adalah kematian Ledger. Sehingga, sepertinya, penggemar film sedang demam menyaksikan akting terakhir Heath Ledger yang berperan sebagai Joker tersebut. Ledger yang meninggal dunia akibat overdosis obat pada Januari 2008 itu menciptakan promosi yang luar biasa bagi film tersebut. Kematian aktor, baik di saat masa jayanya, penampilan legendaris, dan film yang bisa ditonton berbagai kalangan menjadi kombinasi luar biasa bagi penonton. Berita mengenai sekuel Batman itu sudah dirilis sebelum Ledger meninggal dunia. Trailer yang muncul pertengahan tahun lalu, yang menampilkan Ledger dalam balutan kostum Joker, lengkap dengan make-up badut namun bertampang sadis, tersebut menambah penasaran penggemar film.
.
Kali ini saya nonton sendiri di Plaza EX hari Sabtu sore tanggal 2 Agustus 2008 jam 18.00 wib. Istri tidak bisa ikut karena sedang batuk pilek. Aku juga sebenarnya sudah mulai tertular. Namun demikian, keinginan yang kuat untuk menonton Batman ini mengalahkan itu semua. :)
.
Kebetulan saat itu di Plaza Ex, mayotitas studionya memutar film Mummy. Saya yang nunggu sambil makan dan browsing (kebetulan waktu itu saya bawa laptop Compaq 3200 series dan USB Modem 3.5G Indosat) di Premiere Lounge XXI. Gak nyangka datang keluarga Megawati Soekarnoputri dan Taufik Kemas. Mereka cuma disertai dua orang ajudan. Tiba-tiba banyak orang menyerbu dan menjabat tangan mereka berdua. Bahkan ada yang foto-foto segala. Sayang aku gak berani ninggalin laptopku buat nyalam mereka. Ya udah, aku cuma memperhatikan mereka saja, walaupun Megawati sempat agak lama melihatku dan Taufik Kemas tersenyum. Mungkin mereka merasa seperti pernah ketemu aku atau tampangku ini yang pasaran.:) Padahal seingatku, ini adalah pertemuan kedua dalam jarak sangat dekat. Pertama waktu di pesawat garuda dari Solo ke Jakarta. Waktu itu aku pas duduk di kursi dibelakang mereka di Executive Class Garuda Indonesia dan sempat disalam mereka. Itu bulan November tahun 2007 yang lalu.
.
Aku perhatikan mereka mau nonton film Mummy yang jam 17.30 wib. Mereka sibuk ngobrol dan aku sibuk kembali dengan laptopku.:) Tidak lama kemudian mereka masuk pas jam 17.30 wib dan aku menyusul masuk di studio yang lain pas jam 18.00 wib.
.
Photos Slides : Film The Dark Knight
.
Dalam film The Dark Knight ini diceritakan bahwa kembali pahlawan Gotham City berhadapan dengan The Joker, pembunuh berdarah dingin, penderita schizophrenia, dan psikopat yang tak kenal belas kasihan terhadap korbannya. Dengan pertolongan Letnan Jim Gordon dan Jaksa Harvey Dent, Batman merancang strategi untuk menghancurkan kejahatan berencana di Gotham untuk selamanya. Kerjasama tiga serangkai tersebut terbukti efektif, namun mereka kemudian mengetahui bahwa mereka adalah sasaran seorang dalang kejahatan yang dikenal sebagai Joker, yang mendorong Gotham ke dalam anarki dan memaksa Batman Sang Ksatria Kegelapan (The Dark Knight) berada di batas antara sebagai seorang pahlawan dan seorang penjaga keamanan.
.
Batman dibuat tidak berkutik karena Joker sebagai penjahat tidak dapat ditebak cara berfikirnya. Padahal selama ini, Batman menangkap penjahat dengan membaca cara berfikir penjahat dan motivasinya tersebut yang money-oriented. Jadi pas ketemu sama penjahat (Joker) yang memang cara berfikirnya tidak bisa ditebak karena motivasinya bukan uang, tapi memang karena hanya ingin berbuat jahat saja, Batman benar-benar dibuat kewalahan. Dalam kehidupan Joker, kekacauan di Kota Gotham adalah kesenangan dan berbuat kejahatan adalah permainan yang sangat disukainya. Ia merampok bank, bersekutu dengan para mafia, membunuh warga Kota Gotham, semuanya untuk kebahagiaan yang tidak pernah ia dapatkan dari keluarganya. Joker merupakan tokoh antagonis dalam film sekuel Batman berjudul "The Dark Knight". Joker selalu tampil dengan riasan wajah warna putih yang tebal dan memasang pemerah bibir menyamarkan kedua sisi pipinya yang penuh jahitan.
.
Keadaan semakin memburuk dan sang ksatria kegelapan berada dalam dilema, ia berdiri di batas antara seorang pahlawan atau seorang penjaga keamanan yang hanya diperlukan ketika terjadi kejahatan di Kota Gotham. Apalagi dalam film ini, teman dekat Batman ikut tewas karena bom dan Sang Jaksa idola Batman yang berubah menjadi jahat (tergoncang jiwanya akibat terbakarnya separuh mukanya) dan akhirnya juga tewas sangat membuat Batman terpukul.
.
Karakter Joker yang diperankan mendiang Heath Ledger ini mulai dirilis. Dengan backgroud kehancuran Gotham City dan warna biru suram, Joker yang tampil dengan mulut dijahit terlihat semakin mengerikan, gelap, dan angkuh. Karakter Joker ini jadi tokoh yang paling dinantikan penggemar film Batman. Selain penampilan Joker yang lain dari tokoh komiknya, Heath sebagai sosok di balik Joker juga memiliki nilai plus tersendiri dengan kontroversi kematiannya yang mendadak dan tragis.
.
Film ini dibintangi oleh Christian Bale sebagai Batman, Gary Oldman sebagai Letnan Jim Gordon, Aaron Eckhart sebagai Jaksa Harvey Dent, Heath Ledger sebagai Joker, Maggie Gyllenhaal. Sedangkan sutradara merangkap penulis naskah film ini masih oleh Christopher Nolan .
.
Oh ya, film The Dark Knight ini berhasil melesat menduduki kursi prestisius box office setelah rilis Sabtu, 19/7-2008. Katanya sih, film yang ditayangkan di 3.000-an bioskop itu melampaui rekor sebelumnya yang diraih Spiderman 3. Rekor The Dark Knight sepertinya belum akan berhenti. Film yang menunjuk Christian Bale sebagai Batman itu diprediksi bisa mengalahkan rekor pendapatan terbanyak setelah akhir pekan yang sebelumnya juga dipegang Spiderman 3.
.
Rekomendasiku? Bagus banget. Poin 9 dalam skala 10. :) Sangat layak ditonton. Akting Joker juga bagus. Kayaknya bisa dapat Oscar tuh...
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google