Serba Serbi Bandung

Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Bahkan, kota ini secara geografis terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat. Kota ini pada dulu dikenal sebagai Parijs van Java (bahasa Belanda) atau “Paris dari Jawa”.....
.
Karena terletak di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk, walaupun sekarang sudah tidak sesejuk sepuluh tahun yang lalu. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata. Selain itu, disini banyak banget tempat kuliah baik itu negeri maupun swasta membuat kota ini dikenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia selain Yogyakarta. Lagipula disini banyak factory oulet alias tempat belanja.
.
Daerah utara Kota Bandung pada umumnya lebih tinggi daripada daerah selatan. Rata-rata ketinggian di sebelah utara adalah ±1050 dpl, sedangkan di bagian selatan adalah ±675 dpl. Bandung dikelilingi oleh pegunungan yang membuat Bandung menjadi semacam cekungan (Bandung Basin).
.
Orang-orang saat ini yang sering berwisata ke Bandung terbagi dalam beberapa kelompok. Wisata Belanja biasanya terpusat di Cihampelas dan Jl. Riau (sekarang udah ganti ya jadi Jl. Martadinata). Wisata kuliner di daerah Bandung Utara dan Lembang. Dan wisata alam di daerah Bandung Selatan, Bandung Utara, dan Lembang; permandian air panas di Maribaya; dan di kawah gunung Tangkuban Perahu.
.
Klo menyangkut makanan, namanya aneh-aneh. Perhatikan aja cimol, cireng, comro, batagor. Itu singkatan semua.:) Cimol = aci smol; cireng = aci digoreng; comro = oncom dijero; batagor = baso tahu goreng…dll. Jadi, mesti belajar arti singkatan dulu kalau mau jajan di Bandung. Kayaknya orang Bandung sukanya nyingkat nama.:) Trus jangan kaget klo tepung kanji yang biasa buat lem kertas malah digoreng dijadiin makanan. Tapi enak juga lho. Yummy.hehehe.
.
Ssst, ada juga lho pusat barang bekas di Pasar Gede Bage, daerah Dalem Kaum, dan beberapa toko yang secara khusus juga menyediakan barang-barang bekas pakai dengan harga murah, seperti: BABE, Rasek, dsb.
.
Oh ya, ada dua sungai utama di Bandung, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak-anak sungainya yang mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum. So, Bandung selatan jadi sering banjir.
.

Photos Slide : Serba Serbi Bandung
.
Bandung dikenal dengan sejumlah besar bangunan lama berasitektur Belanda, antara lain : Gedung Sate, kini berfungsi sebagai kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat; Hotel Savoy Homann; Gedung Dwi Warna; Gedung Kantor Pos Besar Kota Bandung; Gedung Merdeka dan Museum Asia-Afrika, tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955; Gedung Pakuan, kini menjadi tempat tinggal resmi Gubernur Jawa Barat; Monumen Bandung Lautan Api, tempat peringatan Bandung Lautan Api; Gedung Indonesia Menggugat, tempat Ir. Soekarno menyampaikan pledoinya yang fenomenal (Indonesia Menggugat, aku punya nih buku ini, tebal2 2 jilid dan 2 edisi Indonesia dan Inggris, cetakan tahun 1960) pada masa penjajahan Belanda; Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan; Museum Geologi Bandung; Museum Wangsit Mandala Siliwangi; Institut Teknologi Bandung; Villa Isola, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI); Stasiun Hall, stasiun kereta api; beberapa bangunan lama di jalan Braga (termasuk Gedung Gas Negara / PGN); Kebun Binatang Bandung; Observatorium Bosscha, di Lembang; pusat perbelanjaan Cihampelas dan Cibaduyut; Lembang, daerah sejuk di Bandung Utara, tempat saya dulu pendidikan kewiraan di Pusdikajen.
.

Gedung Gas Negara milik PT PGN (Persero) Tbk di Jl. Braga, Bandung
.
Bandung juga mempunyai dua stasiun kereta api, yaitu 1. Stasiun Bandung yang setiap harinya melayani rute Bandung-Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang untuk kelas Bisnis dan Eksekutif dan 2. Stasiun Kiaracondong untuk Kelas Ekonomi.
.
Bandung dapat pula dicapai melalui jalan tol Padaleunyi yang menghubungkan Padalarang, Cimahi, Bandung sebelah selatan, dan Cileunyi. Selanjutnya, jalan tol yang menghubungkan Padalarang dan Purwakarta (Cipularang: Cikampek - Purwakarta - Padalarang) sudah ada. Jalan tol Cipularang digabungkan dengan Padaleunyi dan dinamai Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi). Jalan tersebut mempersingkat perjalanan antara Jakarta dan Bandung. Dengan adanya jalur ini, waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya 1,5 jam sampai dengan 2 jam. Apalagi sekarang bermunculan Travel Xtrans, Cipaganti, dll.
.
Oh ya ini ada beberapa foto bagus tentang Bandung yang saya ambil dari http://imagesfrombandung.blogspot.com
.



Images from Bandung
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google