Serba Serbi Semarang

Kota Semarang itu sendiri menurutku klasik. Semarang, salah satu ibukota propinsi di Indonesia yang memang terkesan mempertahankan kondisi alami bangunan bangunannya. Semua peninggalan jaman penjajahan dulu masih tetap dilestarikan, beberapa tetep dipertahankan sebagai cagar budaya, dan sebagian lain dialihfungsikan sebagai gedung pemerintahan dan kantor kantor swasta.
Semarang berjuluk kota atlas alias kota diatas bukit yang panas. Dan memang Semarang juga memiliki slogan sebagai Kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat). Daerah dataran rendah di Kota Semarang sangat sempit, yakni sekitar 4 kilometer dari garis pantai. Dataran rendah ini dikenal dengan sebutan kota bawah. Kawasan kota bawah seringkali dilanda banjir, dan di sejumlah kawasan, banjir ini disebabkan luapan air laut (rob). Di sebelah selatan merupakan dataran tinggi, yang dikenal dengan sebutan kota atas, di antaranya meliputi Kecamatan Candi, Mijen, Gunungpati, dan Banyumanik.
.
Semarang memiliki kota tua Little Netherland yang mencakup kawasan Polder, Stasiun Semarang Tawang Jembatan berok dan Lawang Sewu. Daerah ini sering disebut Semarang Lama. Bangunan-bangunan bersejarah favoritku disini adalah Gereja Blenduk, Klenteng Cheng Ho alias Kuil Sampokong alias Kelenteng Gedong Batu, Lawang Sewu, dan Tugu Muda. Gereja Blenduk terkenal karena kubah(blenduk)nya dan sejarahnya sebagai gereja tertua di Jawa tengah. Kuil Sampokong terkenal karena ketokohan Laksamana Cheng-Ho. Lawang Sewu yang terkenal dengan seribu pintunya (berapa jumlah pintunya yang sebenarnya ya..?). Sedangkan Tugu Muda merupakan lambang kota Semarang.
..
Makanan khas Semarang antara lain adalah lunpia Semarang, tempe mendoan, soto Bangkong, tahu petis, tahu gimbal, bandeng presto, wingko babat, dan sega kucing. Pusat belanja oleh-oleh makanan khas Semarang yang terkenal adalah Bandeng Juwana.
.
Kota Semarang terdiri atas 16 kecamatan, Banyumanik, Candisari, Gajahmungkur, Gayamsari, Genuk, Gunungpati, Mijen, Ngaliyan, Pedurungan, Semarang Barat, Semarang Selatan, Semarang Tengah, Semarang Timur, Semarang Utara, Tembalang, Tugu.
.
Kota Semarang dapat ditempuh dengan perjalanan darat, laut, dan udara. Semarang dilalui jalur pantura yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di pantai utara Pulau Jawa. Saat ini telah dibangun jalan tol yang menghubungkan Semarang dengan Solo. Angkutan bus antarkota dipusatkan di Terminal Terboyo. Angkutan dalam kota dilayani oleh bus kota, angkot, dan becak.
.
Semarang memiliki dua stasiun kereta api: Stasiun Semarang Tawang untuk kereta api kelas bisnis dan eksekutif, serta Stasiun Semarang Poncol untuk kereta api kelas ekonomi dan angkutan barang. Kereta api di antaranya jurusan Semarang-Jakarta, Semarang-Bandung, Semarang-Surabaya, Jakarta-Semarang-Jombang, Jakarta-Semarang-Malang.
.
Angkutan udara dilayani di Bandara Ahmad Yani, menghubungkan Semarang dengan sejumlah kota-kota besar Indonesia setiap harinya. Pelabuhan Tanjung Mas menghubungkan Semarang dengan sejumlah kota-kota pelabuhan Indonesia; pelabuhan ini juga terdapat terminal peti kemas.
.
Udaranya cukup sejuk pada waktu sore hari dan sedikit panas ketika siang (walaupun agak berbeda antara Semarang Atas dan Semarang Bawah), but anyway, it's a fine city ... harga makanan cukup murah... nasi sayur dan telur hanya 3000 .... Aku dah buktikan makan di warung seberang Novotel.:)
.

Photos Slide : Serba Serbi Semarang
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

1 komentar:

Google Search Engine
Google