Bandara Baru, Bandara Hasanuddin

Waktu tiba di Makassar hari Minggu tanggal 7 September yang lalu saya kaget dengan adanya bandara baru ini. Bandara International Hasanuddin Makassar. Sudah mirip bandara international yang di luar negeri. Desain bandara ini berkonsep kapal pinisi makassar. Walau kalau melihat bentuknya seperti dipaksakan.:) Trus, saya perhatikan sepertinya tidak ada kata 'Sultan'. Apakah memang demikian? .....
.
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ternyata telah mulai beroperasi Senin, 4 Agustus 2008 kemarin. Dan beroperasi penuh mulai tanggal 15 Agustus 2008. Walaupun sampai tanggal 9 September 2008 belum diresmikan. Harapannya, gairah pariwisata Sulsel yang sejak beberapa tahun terakhir terpuruk akan mulai bangkit, melalui meningkatnya frekuensi penerbangan domestik dan masuknya perusahaan penerbangan asing ke Sulawesi Selatan. Dalam beroperasinya (soft operation) Bandara Internasional Hasanuddin telah menggunakan terminal baru, apron baru dan fasilitas-fasilitas pendukung baru lainnya.
.
Suasana di dalam bandara Hasanuddin
.
Proyek Bandara Hasanuddin yang cukup mewah ini sempat beberapa kali tertunda peresmiannya akibat masih adanya pekerjaan fisik yang belum selesai, terutama lantai dasar dan tanaman penghijauan di kawasan parkir bandara tersebut. Memang, suasana halamannya gersang banget dan hawanya panas. Sebagaimana diketahui, Bandara Hasanuddin yang dibangun tiga tahun lalu dengan dana Rp1 triliun lebih.
.
Kalo dibandingkan bandara lama, maka bandara baru Hasanuddin ini lima kali lebih besar, yaitu 51 ribu meter dengan kapasitas 7 hingga 8 juta penumpang per tahun. Apronnya seluas 78.800 meter persegi dengan 33 parking stand untuk pesawat berbagai ukuran. Blum lagi ada fasilitas hotspot (wifi) dimana-mana. Asyik juga.
.
.
Walaupun ada kesan pinisi yang dipaksakan, namun harus diakui bahwa desain bandara ini telah menggabungkan konsep futuristik dan tradisional. Lengkungan-lengkungan atap itu saya tangkap sebagai gelombang ombak yang akrab dengan masyarakat Makassar dan Bugis. Sedangkan kapal phinisi 'dicoba' digambarkan dengan tiang lengkungan utama dan tanduk kapal yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Sedangkan motif langit-langit bandara ini mengambil motif kain sulam Mandar. Selebihnya adalah sentuhan modern dan futuristik.
.
Ruang Tunggu dengan langit-langit bermotifkan kain sulam Mandar
.
Pengamanan ketat banget. Mungkin karena masih baru. Beda banget dengan bandara lama, dimana teman-teman dari PGN Makassar bisa menjemput langsung ke dalam, sekarang cuma bisa menjemput di luar.:) Sedangkan sistem check ini saya perhatikan sudah multi users dan dibagi per maskapai penerbangan sehingga tidak lagi memunculkan antrean panjang.
.
Hampir seminggu setelah soft opening, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla beserta rombongan berkesempatan berkunjung ke bandara baru Sultan Hasanuddin pada hari Sabtu tanggal 9 Agustus 2008.
.

Photos Slide : Bandara Baru, Bandara Hasanuddin
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google