Menara Air Tirtanadi, Ikon Kota Medan

Menara air yang bernama Tirtanadi ini pada jamannya menjadi bangunan penanda kota Medan. Inilah ikon kota Medan yang sebenarnya. Dia dulu memang tidak cuma sebagai landmark, tetapi juga sangat berguna untuk mengalirkan air bersih ke seluruh pelosok kota Medan. Pertumbuhan kota yang semakin membutuhkan pasokan air lebih banyak tentu tidak bisa lagi dilayani menara air yang masih berdiri megah di kota Medan ini. Sekarang menara air ini sudah bukan landmark kota lagi karena mulai terhimpit bangunan tanpa cita rasa dan tanpa tertata di sekelilingnya. Tak lupa kemacetan parah disekitarnya.:).....
.
Menara ini merupakan peninggalan sejarah pemerintahan kolonial Belanda dengan Nomor Bangunan No. 3D-036 dan tahun penyelesaian 1908. Klo gak salah dibangun mulai tahun 1896 mendahului perusahaan-nya yang dibentuk kemudian. Nama resminya adalah Menara Air di jalan Pandu, kalo dulu cukup dengan Menara Air saja. Namun lebih dikenal sebagai Menara Air Tirtanadi. Alamat resmi Menara Air ini di JL.Sisingamangaraja No.1. Lokasinya pas di persimpangan jalan Sisingamangaraja, Jl. Pandu, Jl. Cirebon, dan Jl. Hj. Ani Idrus.
.
.
Menara Air ini tidak dapat dilepaskan dari sejarah Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi yang didirikan pada tanggal 23 September 1905 dengan nama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih yang berkantor pusat di Amsterdam negeri Belanda. Sepertinya akrab tuh dengan istilah 'Leiding', 'Ajer Beresih', hehehe. Dengan dikeluarkannya Peraturan Daerah Sumatera Utara No.11 tahun 1979 perusahaan ini resmi menggunakan nama yang sekarang (Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi) disingkat PDAM Tirtanadi yang berlokasi di Jl.Sisingamangaraja No.1 Medan.
.
.
Menara air ini dekat sekali dengan Hotel 'Novotel' Soechi International Medan di Jl. Cirebon 67A, Medan. Cukup jalan kaki dari hotel ke menara air ini. Bahkan dari depan hotel kita sudah dapat melihat menara air ini.
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google