Lazio alias Latium

Lazio merupakan salah satu region di Italia. Lazio berada di pusat Italia, di pantai barat. Daerah ini sebelumnya dikenal wisatawan ke Bahasa Inggris dengan nama Roma, Latium, meskipun ini jarang digunakan. Lazio kini lebih dikenal image sepakbolanya daripada image wisatanya. Jadi kalah pamor dengan Roma serta adanya faktor urbanisasi. Jadi jarang yang sadar bahwa Roma atau Province Rome adalah salah satu provinsi dalam Region of Lazio.:) Sekaligus ibukotanya.....
.
Dengan begitu banyaknya investasi, pekerjaan, dan pariwisata terkonsentrasi di Roma, di sekitar wilayah ini sering sepi, populasi menurun dan roda ekonomi melambat. Wisatawan, apalagi seperti saya, termasuk jarang di kota-kota kecil Lazio ini, dan sekali penduduk lokal menyadari Anda tertarik asal mereka umumnya mereka senang. Cuma itu susahnya, jarang yang bisa bahasa Inggris.
.
.
Lazio dibagi menjadi lima provinsi. Hal ini tergambar dalam Logo Region of Lazio ini. Di sebelah utara dan barat, berbatasan Tuscany dan Umbria, adalah Provinsi Viterbo dan Rieti. Di tengah-tengah Lazio, di wilayah ini adalah pusat administratif Provinsi Roma, kemudian ke selatan terletak di Provinsi Latina dan Frosinone.
.
.
Roma Fiumicino dan Ciampino Roma adalah dua bandara Lazio. Kalo Anda bepergian ke beberapa tempat wisata utama, transportasi umum sangat efisien dan murah. Terutama train alias kereta api. Tetapi untuk berkeliling seluruh wilayah, kayaknya lebih baik nyewa mobil. Tapi aku lihat banyak kok layanan bis lokal dan kereta api.
.
Roma so pasti adalah tujuan wisata utama di Lazio. Klo mau ke daerah lain di Lazio ini dapat dikelola ala daytrip dari kota Roma. Tetapi klo kamu tertarik untuk liburan yang agak berbeda, pertimbangkan lagi untuk tinggal di salah satu provinsi Lazio lainnya. Seperti Provinsi Viterbo, misalnya. Hehehe. Selain itu, Provinsi Roma punya tujuan wisata populer sendiri seperti Frascati dan Tivoli.
.
Viterbo, ke utara, merupakan kota dengan sejarah yang indah dan terawat. Provinsi yang menawarkan kekayaan wisata: Danau yang cantik Lake Vico dan Lake Bolsena, taman mewah di Villa Lante di Bagnaia, istana mewah di Caprarola, Sisa-sisa etruscan di Tarquinia dan Vulci, mata air panas dan anggur/wine terkenal.
.
Provinsi Latina 100km di sepanjang pantai, antara Campania dan Roma, dan termasuk membentang dari pantai berpasir dan resort yang indah seperti Sperlonga, dan Kepulauan Pontine. Sedangkan Frosinone ada di pedalaman. Di sini paling terkenal adalah tujuan wisata Fiuggi, spa resor dengan mata air panas. Tour2 murah sering ke Fiuggi yang digunakan sebagai base untuk melihat Roma, meskipun masih jauh jaraknya dari kota abadi tersebut.
.
Secara alami, Lazio, sebagai bekas jantung Kekaisaran, tentunya penuh sesak akan situs arkeologi. Sebelum Romawi, bagian utara Lazio didominasi oleh peradaban Etruscan. Etruscans tidak banyak meninggalkan bekas peradaban, tetapi kematian mereka tercatat di makam-makam kuno-nya yang terkenal. Situs di Cerveteri terdiri dari banyak 'jalan' batu kuburan, sedangkan kuburan batu mereka di Tarquinia cukup terkenal ada lukisan dekorasi.
.
Selama di Italy ini sering banget disebut tentang Etruscan. Jadi penasaran nih. Katanya etruscan itu bangsa asli Italy yang kemudian menjadi bagian bangsa Rowawi. Kayaknya perlu posting tersendiri tuh.
.
Trus, situs kecil Etruscan ternyata juga ada di Viterbo. Sedangkan makam batu dan artefak terbaik ada disimpan di Villa Giulia di Roma. Selain situs-situs utama di dan museum di Roma, salah satu situs arkeologi terbaik ada di kawasan Ostia Antica, pelabuhan Roma yang rusak. Kompleks utama candi dapat dikunjungi di Palestrina dan Terracina, di mana candi besar dengan pemandangan laut. Orang-orang kaya Roma jaman dahulu selalu menyukai kota di daerah pedesaan, dan terdapat puing-puing vila milik Kaisar Romawi di Anzio (Kaisar Nero), Castel Gandolfo (Domitian; dengan reruntuhan sekarang di taman pribadi paus), Sperlonga (dimana Tiberius makan dalam gua yang berdekorasi) serta Tivoli, di mana yang paling mewah dari semua vila dibangun oleh Hadrian
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google