Viterbo oh Viterbo, Provincia et Citta/Comune

Provinsi Viterbo (tepatnya Provincia di Viterbo) adalah sebuah provinsi di regione Lazio di Italia. Ibukotanya berada di kota Viterbo. Propinsi ini luasnya adalah 3.612 km², dan populasinya sebesar 288.783 (2001). Ada 60 comune di provinsi ini
.
Sedangkan Kota Viterbo (tepatnya Citta di Viterbo dan Comune di Viterbo) merupakan nama kota di Italia. Letaknya di bagian tengah. Tepatnya di Region Latium, Provinsi Viterbo, Italia. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 60.254 jiwa dan memiliki luas wilayah 406,28 km². Viterbo ini sebenarnya termasuk kota yang sangat tua. Banyak tempat-tempat bersejarah terutama sejarah gereja dan situs-situs arkeologi terutama dari peradaban Etruscan (750SM). Tapi sayang Viterbo kalah pamor sama Roma yang masih satu region dalam Region of Lazio atau Region Latium.....
.
Selain nilai sejarahnya yang tinggi, yang saya sukai lagi adalah posisi kotanya yang berada di lereng bukit, sehingga banyak gang-gang sempit yang naik-turun gitu. Udara dingin banget walaupun masih autum. Mungkin karena letaknya di pegunungan.
.
Kota kuno ini letaknya sekitar 100 km (60 mil) utara dari Roma melalui Via (Jalan) Cassia, dan dikelilingi oleh pegunungan Monti Cimini dan Monti Volsini. Pusat sejarah kota ini dikelilingi oleh tembok abad pertengahan, masih utuh, yang dibangun pada abad 11 dan 12. Masuk ke pusat kota yang dikelilingi tembok ini adalah melalui pintu gerbang kuno. Kalo gak salah ada 7 pintu. Seperti di Kitab Wahyu ya...
.
Selain pertanian, modal utama dari wilayah Viterbo adalah tembikar, marmer, dan kayu. Kota ini juga menyimpan cadangan emas Italy, Academy of Fine Arts, dan Universitas Tuscia, terletak di kawasan yang luas panas, menarik banyak wisatawan dari seluruh Italia.
by sahat simarmata
Citta' di Viterbo
.
Meskipun Viterbo sangat kuno, sehingga kapan tepatnya berawal tidak diketahui. Menurut Annio of Viterbo, kota ini berasal dari kota jaman Etruscan. Bagaimanapun juga, berdasarkan situs-situs yang ada Viterbo, dan sekitarnya, pernah ada sebuah koloni kecil Roma (Vicus Elbii) di situ. Apakah ini merujuk hal yang sama dengan Vetus Urbs ("Old City") pada abad pertengahan? Belum pasti!
.
Dokumen pertama yang terbit dari kota baru tersebut merujuk abad ke-8, dokumen itu disebut Castrum Viterbii. Kota itu dibentengi pada tahun 773 oleh Raja Lombard Desiderius dalam usahanya menaklukkan Roma. Ketika paus mengalihkan dukungan ke Frankish, Viterbo menjadi bagian dari Negara Kepausan. Tetapi status ini telah dikeluhkan para Kaisar di abad-abad berikutnya, hingga pada 1095 tercatat Viterbo telah menjadi free-comune (Comune bebas).
.
Kota ini penuh dan panjang riwayatnya dengan sejarah kepausan dan gereja lengkap dengan segala intrik-intrik politik disekitarnya. Dalam buku-buku sejarah gereja (khususnya Katolik) dan kepausan maka kota Viterbo akan banyak disebut-sebut.
.
Pusat bersejarah Viterbo adalah salah satu yang terbaik dari abad pertengahan di pusat kota Italia. Banyak bangunan yang lama (terutama gereja) yang dibangun di atas reruntuhan kuno, dikenali batu besarnya dengan 50 sentimeter lebarnya.
by sahat simarmata
Papal Palace atau Palazzo dei Papi
.
Daya tarik utama dari Viterbo adalah Istana Paus (Palazzo dei Papi), sebagai sebuah tempat peristirahatan dan "mengungsi" di masa kesulitan di Roma. Pilar-pilar istana tersebut meniru kuil Romawi.
. by sahat simarmata
Bangunan Kota paling penting kedua adalah Katedral S. Lorenzo. Ia dibangun dengan gaya Romawi oleh arsitek Lombard melebihi Kuil Hercules. Bangunan ini sudah dibangun dan diperbaiki berulang kali sejak abad 16, dan telah rusak berat pada tahun 1944 akibat bom tentara Sekutu. Benda-benda berharga di gereja ini adalah menara gothik tempat lonceng bergantung dari paruh pertama abad ke 14, dan menunjukkan pengaruh kelompok seniman Senese. Sarkofagus dari Paus Yohanes XXI dan Lukisan Kristus Memberkati oleh Gerolamo da Cremona (1472).
.
Bangunan terkemuka lainnya adalah:
.
* The Palazzo Comunale (mulai 1460), Palazzo del Podestà (1264) dan Palazzo della Prefettura (dibangun 1771) di tengah Piazza del Plebiscito. The Palazzo Comunale serangkaian rumah abad 16 dan Barok frescoes oleh Tarquinio Ligustri, Bartolomeo Cavarozzi dan lain-lain.
by sahat simarmata
Viterbo Palazzo Comunale
.
* Gereja gothik kecil Santa Maria della Salute, memiliki portal yang indah.
* Gereja Romawi The Chiesa del Gesù (abad 11).
* The Palazzo Farnese (abad 14-15), di mana Alessandro Farnese, yang nantinya adalah Paus Paulus III, tinggal di masa mudanya bersama-sama dengan saudarinya yang cantik, Giulia Farnese.
* The Rocca (puri).
* Gereja Romawi The Santa Maria Nuova (abad 12), San Sisto (paruh masa kedua abad ke-9), dan di San Giovanni Zoccoli (abad 11).
* The Palazzo degli Alessandri di kabupaten lama, yang khas rumah bangsawan Abad Pertengahan Viterbo.
* The Fontana Grande, dimulai pada 1206.
* Gereja Gothik The San Francesco, yang dibangun diatas bekas sebuah sisa benteng Lombard yang ada. Ini adalah makam dari Paus Adrianus V, yang meninggal di Viterbo pada Agustus 17, 1276, dibuat monumen pertama oleh Arnolfo di Cambio.
.
The Museo Civico (City Museum) merupakan rumah dengan banyak spesimen arkeologis dari pra-sejarah jaman Romawi, ditambah dengan sebuah Pinacoteca (galeri) dengan lukisan Sebastiano del Piombo, Antoniazzo Romano, Salvator Rosa, Antiveduto Grammatica dan lain-lain. Sedangkan The Orto Botanico dell'Università della Tuscia merupakan kebun raya dioperasikan oleh universitas.
.
Sebagaimana kota-kjota lainnya di Italia yang mempunyai santo/santa pelindung. Maka Santa Rosa Maria adalah Santa pelindung Viterbo. Legenda Santa Rosa adalah bahwa dia membantu untuk memusnahkan orang-orang yang mendukung beberapa Kaisar sebagai pengganti paus, sekitar tahun 1250. Sedangkan San (maksudnya nih Santo) Lorenzo adalah santo pelindung. Orang asli Viterbo, dilantik oleh Dominic (pastor) Barberi, lahir pada 22 Juni, 1792 dan pelayanan terakhirnya di Inggris.
.
Arak-arakan Macchina di Santa Rosa berlangsung setiap tahun, pada 3 September, jam 9 malam. Macchina yang merupakan seni illuminated menara lonceng yang mengagumkan dengan ketinggian 30 m. Beratnya antara 3,5 dan 5 ton dan terbuat dari besi, kayu dan papier-mâché. Pada bagian atas menara, patung dari Santa Pelindung dengan antusias diarak oleh orang-orang di jalan-jalan di pusat kota, di mana lampu dimatikan untuk kesempatan itu. Seratus tiga puluh orang laki-laki Viterbo (disebut juga Facchini) membawa Macchina dari Porta Romana melalui setiap jalan-jalan utama di Viterbo, mengarak-arak sampai Piazza di Santa Rosa, tempat istirahat terakhir. Setiap Macchina memiliki umur lima tahun, setelah yang baru dibuat.
.
Viterbo memiliki dua stemmi (heraldik badge): The Lion dan Pohon Palm. Singa mewakili Hercules, salah satu pendiri mitologi Viterbo. Pohon palem yang telah ditambahkan di abad pertengahan (4-9 abad TM) ketika Viterbo menaklukkan dan diserap tetangga kota.
.
Bandara yang dimiliki Viterbo saat ini adalah pangkalan udara militer yang kecil. Namun kabarnya, airport berikutnya yang akan dibangun adalah di Viterbo ini. Wah. Cuma ga jelas, menggantikan Fiumicino atau Campino?
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google