Dam Square dan sekitarnya

Dam Square (the Dam atau dalam bahasa Belanda: de Dam) adalah sebuah alun-alun kota di Amsterdam, ibukota Belanda. Bangunan-bangunan dan acara-acara penting disini yang sering digelar membuat tempat ini menjadi salah satu lokasi yang paling terkenal dan penting di Amsterdam.....
.
The Dam ini kira-kira berbentuk empat persegi panjang, sekitar 200 meter membentang dari barat ke timur dan sekitar 100 meter dari utara ke selatan. Menghubungkan (atau memisahkan ya?) Damrak dengan Rokin, yang mengikuti alur sunga Amstel dari Central Station ke Muntplein (Coin Square) dan Munttoren. Dam Square ini juga merupakan muara dari jalan-jalan ramai seperti Nieuwendijk, Kalverstraat, dan Damstraat. Gak jauh dari sini juga terletak Jalan de Wallen yang berada di Red-Light District.:)
.
Di sebelah barat alun-alun ini berdiri megah istana neo-klasik Royal Palace. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1655 sebagai balai kota yang kemudian berubah menjadi istana kerajaan pada tahun 1808. Disebelahnya ada bangunan gereja abad ke-15 yang bergaya gotik, yaitu Nieuwe Kerk (Gereja Baru). Selain itu ada juga Museum Lilin Madame Tussaud (Madame Tussaud's Wax Museum).
.
Ada juga Monumen Nasional, pilar batu putih yang dirancang oleh JJP Oud dan didirikan pada tahun 1956 untuk peringatan korban Perang Dunia II, mendominasi sisi berlawanaan, sisi timur, dari alun-alun ini. Yang juga Juga menghadap istana adalah NH Hotel Grand Krasnapolsky dan toserba kelas atas De Bijenkorf.
.
Banyaknya acara dan atraksi membuat square (alun-alun) ini menjadi daerah turis. Belum lagi banyaknya burung-burung pigeon yang berkumpul di lapangan.
.
The Dam, sebagaimana nama aslinya memang berarti bendungan untuk membendung sungai Amstel. Bahkan nama kota Amsterdam juga berasal dari sini, dam sungai Amstel. Dibangun sekitar tahun 1270, bendungan (the dam) dibangun pertama kali lebih berfungsi sebagai penghubung antara permukiman di pinggir sungai.
.
Dam alias bendungan yang dibangun secara bertahap itu gak terasa telah menjadi cukup luas untuk sebuah alun-alun, tetap menjadi inti dari kota yang berkembang terus di sekelilingnya. Dam Square yang ada saat ini merupakan gabungan dari dua bendungan yang sebenarnya yang semakin bertambah besar, yaitu Middeldam dan Plaetse, sebelah barat istana. Sebuah pasar ikan yang besar timbul di mana kapal berhenti di bendungan untuk memuat dan membongkar barang. Kawasan inipun menjadi pusat tidak hanya dari aktivitas komersial tetapi juga dari pemerintahan, cikal bakal balai kota AMsterdam.
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google