Belgia

Nama 'Belgia' ini sebenarnya berasal dari 'Gallia Belgica', sebuah provinsi jaman Romawi yang didiami oleh suku Belgae (campuran dari suku Celtic dan Germanic). Nama propinsi itu mirip nama sukunya Asterix ya.. Padahal daerah Galia bukan di daerah Belgia sekarang ini, tapi masuk daerah Perancis. Makanya di salah satu komik Asterix kan ada yang berjudul 'Asterix di Belgia.':-)....
.
Dari sejarah baru tau klo Belgia, Belanda dan Luxemburg ini, yang dikenal sebagai Negara-Negara bawah, ternyata dulunya menempati area yang lebih luas dari kelompok negara-negara Benelux saat ini. Ketiga negara ini masih berupa satu kerajaan besar. Trus, ceritanya sang raja kemudian membagi kerajaannya menjadi tiga kerajaan, dengan urutan si Sulung mendapatkan Belgia, sedangkan adiknya mendapatkan Belanda, dan yang bungsu mendapatkan Luxemburg. Yang nomer dua mendapatkan Belanda yang lebih luas, soale dia merupakan anak kesayangan. Sedangkan si Sulung tetap mendapatkan istana kerajaan orangtuanya tersebut walau dengan wilayah lebih sempit. Memang, sejak dari Abad Pertengahan hingga abad ke-17, area Belgia itu sudah menjadi pusat dari perdagangan dan kebudayaan.
.
Episode Revolusi Belgia 1830,
Egide Charles Gustave Wappers (1834),
di Museum Seni Kuno, Brussel
.
Bahkan sejak abad ke-16 s.d. revolusi Belgia (1830), banyak terjadi perang (saudara) memperebutkan kekuatan Eropa dan seringnya terjadi di daerah Belgia, maka area Belgia ini pun dijuluki "Lapangan Perang dari Eropa" dan "kokpit dari Eropa". Ketika mendapatkan kemerdekaannya, Belgia yang dekat dengan Inggris, berpartisipasi aktif dalam Revolusi Industri. Hal ini membuatnya kuat dan membutuhkan banyak material yang mengakibatkan berkembangnya era kolonialisme Belgia. Negara jajahan Belgia ini yang terkenal adalah Kongo.
.
Letak Kerajaan Belgia
.
Negara Belgia ini berbentuk kerajaan (monarki konstitusional) yang beribukota di Brussels dan terletak di bagian barat dari benua Eropa. Belgia adalah negara anggota pendiri dari Uni Eropa dan menjadi ibukota dari Uni Eropa serta organisasi internasional lainnya termasuk NATO. Belgia memiliki luas tiga puluhan ribu km² dan penduduk sekitar sepuluh jutaan jiwa. Sebutan resminya negara ini ada dalam tiga bahasa yaitu Koninkrijk België (Belanda), Royaume de Belgique (Perancis), dan Königreich Belgien (Jerman), yang kesemuanya itu berarti Kerajaan Belgia. Hehehe.
.
Terletak di antara dua perbatasan budaya antara daerah Jermanik dan Latin, Belgia adalah sebuah negara dari dua kelompok etnik, Flandria (kayak Belanda) dan Perancis, yang sebagian besarnya adalah sub suku Walloon, dan sekelompok kecil orang Jerman. Jadi bahasanya pun campur2, Perancis, Belanda, dan Jerman. Hehehe.
.
Oh ya, ini ada beberapa foto indah tentang Belgia yang aku cuplik dari situs http://heaveninbelgium.blogspot.com. Mudah-mudahan suka.;-)
.



.
Klo aku simpulkan sih, Belgia ini mayotitas dihuni oleh tiga kelompok suku yaitu : Suku bangsa Flandria (Vlamingen) yang berbahasa Belanda (~ 60% dari penduduk), sebutan Flandria ini baru ada sejak tahun 1980, lho. Kayaknya mereka cenderung pengen bergabung dengan propinsi Flandria yang di Belanda.:-). Trus, Suku bangsa Walonia (Wallons) yang berbahasa Perancis (~ 35% dari penduduk). Dan suku bangsa Jerman (Deutschen) yang berbahasa Jerman (kurang dari 1% penduduk). Secara administratif komunitas bahasa Belanda atau juga disebut "Komunitas Flandria" (bahasa Belanda Vlaamse Gemeenschap) sama dengan negara bagian Flandria. Namun Komunitas Bahasa Perancis tidaklah sama dengan negara bagian Walonia. Soale tidak semua orang keturunan Perancis di situ berasal dari suku Wallon dan juga ada daerah yang berbahasa Jerman.
.
Permasalahan bahasa dan budaya inilah yang banyak mewarnai sejarah Belgia. Selama puluhan tahun, suku bangsa Flandria didiskriminasi oleh suku bangsa Walonia, meski jumlah mereka (Flandria) lebih banyak. Baru pada abad ke-20, sedikit demi sedikit situasi mereka menjadi lebih baik sampai sekarang sehingga ekonomi mereka lebih baik karena stabil.
.
Akibat dari banyaknya bahasa yang diakui maka semboyan negara pun ada dalam tiga bahasa, yaitu : Eendracht maakt macht (Belanda); L'union fait la force (Perancis); Einigkeit macht stark (Jerman), yang semuanya berarti "Kesatuan membuat kekuatan". Sedangkan lagu kebangsaan adalah "The "Brabançonne".
.
Sedangkan dari segi agama, Belgia didominasi oleh Kristen Katolik sedangkan Belanda didominasi Kristen Protestan.
.
Negara bagian di Belgia secara resmi disebut dengan nama Gewest (Belanda) atau Région (Perancis). Lalu setiap negara bagian kecuali Daerah Khusus Ibukota (DKI) Brussel dibagi lagi menjadi beberapa provinsi. Setiap provinsi dibagi menjadi beberapa municipalité atau gemeente. Sedangkan DKI Brusel langsung dibagi menjadi 19 municipalité atau gemeente.
.
Peta pembagian administratif di Belgia
menurut komunitas bahasa, negara bagian, dan provinsi.
.
Secara keseluruhan, di Belgia ada tiga negara bagian dan sepuluh propinsi yang komposisinya sbb.:
.
Negara bagian Flandria yang terdiri dari propinsi Antwerpen (1) , Limburg (2) , Flandria Timur (Oost-Vlaanderen) (3) , Brabant Flandria (Vlaams-Brabant) (4) , dan Flandria Barat (West-Vlaanderen) (5) .
.
Sedangkan negara bagian Walonia terdiri dari propinsi Brabant Walonia (Brabant wallon) (1) , Hainaut (2) , Liège (3) , Luxemburg (4) , dan Namur (5).
.
Terakhir adalah DKI Brussel, yang merupakan satu negara bagian. Jadi, bukan merupakan provinsi atau bagian dari sebuah provinsi.
.
Setiap provinsi dan DKI Brussel, dibagi menjadi gemeente (Belanda) atau municipalité (Perancis). Di negara bagian Flandria ada 308 gemeente, sementara di Walonia ada 262 municipalité. Di Daerah Ibu Kota Brussel ada 19 municipalité atau gemeente.
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google