Film-film Natal Favoritku

Klo dipikir-pikir baru Natal 2009 ini gak ada film Natal yang heboh. Yang ada cuma Avatar. Jelas itu bukan film Natal. Memang ada sih film Christmas Carol, tapi kok diputarnya di bulan November ya.. Gak jelas...
.
Aku udah banyak nonton film-film Natal, mulai film baru maupun film lama yg aku tonton di TV. Mungkin bisa jadi rekomendasi klo mau nyari DVD/VCD filmya buat koleksi.
.
Film-film Natal Favoritku itu adalah:.....
.
1. The Nativity Story (2006)
2. The Santa Clause (1990-an)
3. Die Hard (yg pertama, 1988)
4. Miracle on 34th Street (film jadul, ada remake)
5. Scrooge (aslinya jadul tp udah remake dalam beragam versi)
6. Home Alone (yg pertama, 1990)
7. The Nightmare Before Christmas (1993/94)
8. Little Women (1993/94)
9. A Christmas Story (1980-an)
10. It's a Wonderful Life (film jadul bgt)
.
Dalam The Nativity Story mengisahkan detik-detik kejadian bagaimana Kristus lahir ke dunia. Film ini setahuku satu-satunya film Natal yg khusus hanya menceritakan seputar kelahiran Kristus. Soale kebanyakan film Natal tidak mengisahkan bagaimana kelahiran Kristus. Padahal inilah asal mula Natal. Kalaupun ada film yang memuat kelahiran Kristus tapi juga mengisahkan hampir seluruh kehidupan Kristus sampai saat dewasa, disalibkan, mati, dikuburkan, dan bangkit. Film-film itu gak fokus pada saat kelahiran saja seperti film The Nativity Story ini dimana kita seolah diajak melihat cerita bergambar tentang kisah kelahiran Yesus. Aku jadi teringat kembali pada kisah yang diceritakan di Sekolah Minggu dulu. Inti fim ini adalah dalam merayakan kelahiran Yesus Kristus bukan dengan menghabiskan uang dan mengagungkan konsumerisme.
.
The Santa Clause. Menurut film ini, Sinterklas lahir setiap tahun lewat orang biasa yang dipilih acak. Orang yang dipilih tersebut, Scott Calvin (Tim Allen), tubuhnya berubah, perutnya makin ndut, jenggot tumbuh terus dan gak bisa dicukur. Menjelang Natal, ia pergi ke Kutub Utara menyiapkan semuanya. Film ini sebagian besar berisi persiapan Calvin jadi Sinterklas. Inti film ini adalah adanya pesan Natal untuk percaya pada mukjizat.
.
Dalam film Die Hard memperlihatkan pesta Natal di puncak suatu gedung bertingkat jadi momen yang tepat untuk sekelompok teroris merampok harta di gedung itu. Nah, tugas sang polisi John McClane (Bruce Willis), yang kebetulan istrinya terjebak dalam gedung tersebut, untuk menggagalkan rencana itu. Yang membuat suasana Natal nya kerasa banget adalah saat semuanya usai dan setiap teroris tewas lagu Natal berkumandang diiringi rintik salju.
.
Miracle on 34th Street. Ada remake-nya tahun 1994. Tapi tetap aja masih lebih bagus versi jadulnya yg ada di TV. Mungkin disini karena akting yg bagus Edmund Gwenn yang memerankan Kris Kringle, Sinterklas di sebuah mall. Klo gak salah, doi dapat Oscar atas perannya tersebut. Film ini mengisahkan Kris Kringle yang mengaku bahwa ia Sinterklas asli yang mengakibatkan ia diajukan ke pengadilan untuk membuktikan hal tersebut. Inti film ini adalah pertanyaan apakah kita percaya mukjizat itu nyata? Karena Sinterklas adalah simbol keberadaan mukjizat. Ada hal-hal yang gak bisa diterangkan nalar tapi kita mempercayainya dengan iman. Seperti tulisan "In God We Trust".
.
Film Scrooge (kadang disebut juga A Christmas Carol) ini diangkat dari novelnya Charles Dickens. Tokoh Scrooge ini mengingatkanku pada Paman Gober karena Scrooge ini seorang pria kaya di London yang kelewat pelit. Gak pernah nyumbang buat orang miskin selama hidupnya. Ada bermacam-macam versi filmnya, bahkan ada beberapa versi kartunnya. Tapi yg aku ingat adalah versi Scrooge yang diperankan oleh Alastair Sim. Film tahun 1950-an yang pernah aku tonton di TV. Film ini berpusat pada saat malam Natal, Scrooge kedatangan hantu-hantu (tepatnya empat hantu) yang semuanya bertujuan membuat Scrooge bertobat. Hantu pertama adalah mantan teman Scrooge, alm. Jacob Marley, yang memperingatkan apa yang terjadi pada orang yang hanya hidup demi uang. Hantu kedua, Christmas Past, yang mengajaknya ke masa lalu saat ia belum 'mata duitan'. Hantu ketiga, Christmas Present, yang mengajaknya melihat orang lain merayakan Natal saat ini. Terakhir, Christmas Yet to Come, mengajaknya melihat masa depannya bila ia tidak bertobat.
.
Home Alone. Film ini mengisahkan seorang anak kecil, Kevin McCallister (Macaulay Culkin), yang tertinggal pergi anggota keluarganya liburan Natal. Awalnya ia senang, namun belakangan ada dua maling yang mengincar rumahnya. Kevin pun sadar bahwa dia harus mempertahankan rumahnya. Banyak adegan lucu di film ini, terutama saat kedua maling tersebut jadi bulan-bulanan dikerjai Kevin mirip adegan film kartun. Namun yang menyentuh adalah saat Kevin tahu bahwa pria yang selama ini ditakutinya teryata yang menyelamatkannya. Inti fim ini adalah adanya pesan Natal untuk mengenali orang sekelilingmu dan berbuat baik pada mereka.
.
Dalam film The Nightmare Before Christmas ini kita disuguhkan kisah yang nyeleneh dan di luar pakem kisah Natal pada umunya. Ini kisah atau dongeng Natal versi Tim Burton yang disutradarai Henry Selick. Pada tahun 1993/94 tersebut kayaknya penggunaan animasi komputer masih langka dan blum dikuasai pembuat film ini. Mereka masih menggunakan cara lama, yaitu stop-motion animation. Boneka disorot satu-satu setiap kali gerakannya diubah. Melelahkan? Banget! Tapi hasilnya bagus kok. Kisah ini lebih mirip gabungan Natal dan Halloween, dimana Jack Skellington yang tinggal di Hallowentown tersesat ke kota Natal. Di sini ia menemukan keceriaan yang penuh warna, beda dengan kegelapan dan seramnya kotanya, Halloweentown. Sehingga Jack pun berniat membawa semangat Natal ke kotanya.
.
Kisah dalam film Little Women ini diangkat dari novel Louisa May Alcott yang berisi tentang empat perempuan bersaudara, Meg, Jo, Beth, dan Amy. Mereka tinggal bersama Ibu mereka sementara sang Bapak bertempur dalam perang saudara. Sebagai kakak beradik, mereka saling mencintai, saling membenci dan bertengkar. Juga saling memuji dan mengejek. Namun, mereka saling melindungi karena sadar bahwa kehadiran saudari mereka lebih berharga dibandingakan apa pun. Filmya sendiri seperti novelnya bukan khusus Natal. Tapi suasana Natal terasa banget di film tersebut, terutama saat Beth mendapat hadiah piano.
.
A Christmas Story. Film ini diangkat dari memoar masa kecil Jean Shepherd, seorang pelawak dan penyiar radio. Kisahnya berlatar kota Indiana, USA, tahun 1940-an, dimana sang bocah, Ralphie, sangat menginginkan pistol mainan Daisy Red Ryder 200 sebagai hadiah Natalnya. Kegigihannya yang khas bocah terasa lucu. Blum lagi sang ayah yang terlihat galak dan cuek tapi sadar akan keinginan anaknya. Terus terang, aku suka film ini, terutama atas kegigihan anak itu. Memberi inspirasi. Dan yang penting, gak bosenin. Aku dah beberapa kali nonton ini. Fim ini seperti film motivasi buatku.:)
.
It's a Wonderful Life. Film ini berkisah seorang yang nyaris bunuh diri dan didatangi seorang malaikat dan memberinya kesempatan melihat keadaan kotanya seandainya ia tidak pernah dilahirkan. Orang tersebut, George Bailey, sadar bahwa kehidupannya telah menyentuh banyak orang. Film ini bagus banget buat orang yang frustasi dan merencanakan mau bunuh diri. Hehehe. ;-)
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google