Everard ‘t Serclaes, Patung Keberuntungan Pahlawan Brussels

Patung Everard ‘t Serclaes adalah patung untuk mengenang seorang penguasa dan pahlawan kota Brussels yang mati pada zaman perang tahun 1300an. Yap, Everard 't Serclaes ini hidup dalam masa 1320 s.d. 31 Maret 1388. Dia terkenal karena membebaskan kota ini dari kaum Flemish. Patung dari kuningan dengan posisi berbaring ini ada di salah satu sisi dinding restoran L’ Ommegang di sebelah Town Hall. Ekspresi patung ini seperti menahan luka. Kami gak tau knapa. Apa mungkin karena dia mati terbunuh ya?.....
.
I and Everard ‘t Serclaes
.
Ceritanya sih gak begitu terkenal. Pada kematian John III Brabant, penguasa Brussel saat itu, pada tanggal 5 Desember 1355, putrinya Joanna dan suaminya, Wenceslaus, naik tahta Brabantin. Tapi hal ini ditolak oleh bangsawan Flanders, Count Louis de Male. Mungkin karena si Joanna itu cewek ya. Louis kemudian menyerbu Brabant dan dengan cepat menguasai Brussels.
.
Nah, disinilah mulai perannya si Everard ini. Selama malam yang dingin tanggal 24 Oktober 1356 itu, Everard menyusuri tembok kota memimpin sekelompok patriot dan mengusir kaum Fleming dari kota Brussels. Hal ini memungkinkan Joanna dan Wenceslaus masuk dan merayakan kembalinya mereka ke kota. Everard kemudian diangkat menjadi schepen (dewan kota) kota sampai lima periode. Tapi, dia akhirnya dibunuh karena membela hak-hak kota Brussels melawan penguasa Gaasbeek yang menguasai Belgia. Rupanya, walaupun udah tua, idealisme dan kecintaannya terhadap kotanya, Brussels, masih tetap menyala. Salut juga ya.
.
Berabad-abad kemudian, Everard diperingati dengan sebuah monumen patung yang diukir oleh seniman Julien Dillens (1849-1904). Monumen patung yang kami temui ini terletak di jalan Charles Buls, masih berada di kawasan Grand Place.
.
Everard ‘t Serclaes and Anni Purba
.
Orang-orang berhenti sejenak, termasuk kami, untuk melihat kepiluan wajah di patung ini. Tak sedikit orang lewat yang mengusap patung ini dengan urutan yang sama mulai dari wajah, tubuh, kaki, lalu dua patung kecil lain di atasnya. Bagian lain yang juga sering disentuh oleh turis adalah wajah seorang malaikat, anjing (ada si kakinya tuh), dan salah satu perisai. Mungkin itu yang menyebabkan bagian patung itu dan sekitarnya tetap mengkilap sedangkan sisanya termasuk ukiran dindingnya udah diselimuti lumut. Ritual ini sekaligus doa agar mereka beruntung.
.
Ada juga yang bilang mitosnya, kalau mengelus patung itu, Anda akan kembali mengunjungi Brussels. Kayak tradisi membuang koin di Trevi Fountain yang katanya akan kembali ke Roma. Tinggal nunggu nih kebenaran dua mitos itu. Soale dua-duanya udah kami lakoni. Hehehe.
.
Photoslide of Everard 't Serclaes
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.  
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google