Robin Hood, Russel Hood

Film 'Robin Hood' ini, seperti sebuah prekuel dari legenda Robin Hood, yang selama ini sering dikisahkan namun dengan alur dan tafsir yang agak lain. Film ini, berkisah tentang perjuangan dan sepak-terjang Robin Longstride sebelum akhirnya dia menjadi buronan kerajaan, dan masuk hutan Sherwood menjadi penjahat budiman yang dikagumi sebagaimana telah kita kenal selama ini. Aku dan istri noonton film ini tanggal 14 Mei  2010, hari Jumat, yang lalu di bioskop Gading XXI yang jam 16.00 WIB. Kebetulan aku dapat kursi H-8. Klo dari tiketnya sih ketahuan petugas tiketnya itu si Leha. Hehehe.....
.
Tiket Film Robin Hood di Gading XXI
.
Skenario film ini ditulis oleh Brian Helgeland. Kisah dan penokohannya mengalami banyak perubahan. Si Robin jadi rakyat biasa yang ikut berperang dalam Perang Salib III pada akhir abad 12. Raja Richard, yang pada banyak kisah Robin Hood sebelumnya, digambarkan hidup dan pulang untuk merebut kembali tahta kerajaan Inggris, sudah mati di awal cerita saat perang dengan Perancis dalam perjalanan pulang dari Perang Salib III, tepatnya tahun 1199. Sosok Raja Richardnya sang Lion Heart jelek banget.
.
Danny Huston as King Richard The Lionheart
.
Nah, kondisi chaos akibat tewasnya raja Richard ini, dimanfaatkan Robin yang tengah dihukum karena kasus "ketidaksopanan" terhadap sang raja, untuk desersi. Dalam pelarian, tanpa sengaja Robin berhasil menggagalkan upaya perampasan mahkota Raja Richard, oleh Sir Godfrey, oknum pejabat kerajaan Inggris, yang berkhianat, dan bersekutu diam-diam dengan Raja Phillip dari Perancis.
.

Trailer Robin Hood 2010
.
Lady Marion (Cate Blancett), kekasih Robin itu di film ini bukan lagi Maid Marion, seorang putri cantik, yang tidak berdaya menungggu dibebaskan sang pangeran. Tapi seorang perempuan penuh warna, yang cerdas dan berani, serta tidak jago pedang. Dan Marion pun dalam film ini adalah seorang janda bangsawan dari penerus Lord of Nottingham. Nah, karena mengantarkan pedang suaminya itu si Robin diangkat anak oleh mertuanya Marion, yaitu Lord of Nottingham, guna mempertahankan tanah mereka yang luasnya sekitar 5000 hektar. Lord itu memang gelar bagi bangsawan penguasa wilayah yang memiliki tanah luas.
.
Russell Crowe as Robin Hood and Cate Blanchett as Marion
.
Kayaknya sih terasa chemistry antara Russel Crowe dan Cate Blanchett sebagai pasangan kisah legenda itu. Cuma kali ini gak ada soundtrack sejenis 'Everything I Do I Do It For You'. Tapi romantisme Robin-Marion lumayan alami dan gereget.
.
Sayangnya, kelemahan film ini adalah imej dan tampilan fisik Russell Crowe, yang mengingatkan kita pada karakter Maximus dalam film 'Gladiator'. Meski sesungguhnya sebagai Robin Hood, Crowe tidak bermain buruk. Jadinya lebih pantas kalo film ini disebut sebagai Russel Hood. Dan memang, mereka termasuk berhasil dalam menafsir ulang kisah klasik ini, menjadi kisah sejarah kontemporer yang cerdas, dan kontekstual. Walaupun, aku tidak terlalu suka dengan penggambaran Raja Richard dan beberapa dialog yang sangat "liberal".
.
Satu-satunya adegan yang aku suka di film ini adalah adegan Orasi Robin Longstride, di tugu Magna Charta (sesaat sebelum bangsawan dan rakyat Inggris bersatu melawan Perancis) untuk mendesak Raja John mengakui kedaulatan warganya, sebelum ia menuntut kesetiaan rakyatnya. That sound is good...
.
Secara keseluruhan sih film ini kurang begitu bagus. Terasa datar banget ceritanya. Action-nya termasuk biasa. Yang paling menarik dari film ini cuma melihat Robin Hood yang beda dibanding Robin Hood yang diperankan oleh Kevin Costner, melainkan Russel Hood. Robin Hood yang ketuaan namun lebih macho. Hehehe. Selain itu topi khas Robin Hood yang melegenda itu pun gak ada muncul di film ini.
.
Photoslide of Robin Hood 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google