Risda Sagala Martumpol

Acara martumpolnya Risda Sagala dan Johannes Tambun bertempat di Gedung Gereja HKBP Duren Sawit, hari Jumat, tanggal 1 Agustus 2008, jam 15.30 wib sore. Saya tiba agak telat karena hampir salah alamat. Abang sepupu saya memberi tahu alamat martumpol di HKBP Klender di Duren Sawit. Saya bingung juga, karena setahu saya ada HKBP Klender dan ada juga HKBP Duren Sawit. Cuma alamat pastinya, dua-duanya aku gak tau.:) Tapi waktu lewat daerah Duren Sawit untung kebaca papan penunjuk ke HKBP Duren Sawit. Saya pikir gak ada salahnya mampir mengecek. Lagipula saya pikir lebih masuk akal mereka mengadakan acara di HKBP Duren Sawit karena mereka tinggal di daerah Duren Sawit juga. Syukurlah tebakan saya benar.....
.
Cuma sebelumnya saya diberitahu acaranya mulai jam 15.00 wib. Sedangkan saya baru tiba jam 15.30 wib. Untunglah juga saya lihat masih banyak yang baru datang. Ternyata pas saya baca buku acaranya, acara dimulai jam 15.30 wib. Dalam acara martumpol ini akan dibuat Surat Ikat Janji antara kedua calon mempelai yang isinya bahwa mereka sepakat dan sungguh-sungguh untuk merencanakan pernikahan, bahwa mereka kelak akan saling mengasihi sebagaimana perkawinan orang Kristen, sehati sepikir melakukan Firman Tuhan dan hanya kematian yang akan menceraikan, bahwa mereka akan taat pada tata Gereja dan disiplin di Huria HKBP sebagai warga jemaat yang bertanggung jawab sehingga bila ada hal-hal yang merintangi rencana pernikahan maka mereka bersedia menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum mereka menerima Pemberkatan Nikah.
.
Saya berangkat sendiri karena istri kurang enak badan udah seminggu. Batuk pilek. Saya juga udah mulai tertular. Udah mulai ikut batuk-batuk.
.
Oh ya, Risda Sagala ini termasuk keponakan saya. Nama lengkapnya adalah Risda Nov Lara br Sagala. Dia lahir di Jakarta tanggal 9 November 1978. Ibunya Risda Sagala (Riomsi Ida br. Simarmata) ini kakak sepupu saya dari pihak Bapak. Jadi masih satu ompung.:) Mereka bersama Lae St. Ir. Jaendar Sagala tinggal di Jl. Dermaga Raya Kav. Pengadilan Blok G No.2, Jakarta Timur. Kalo melihat Buku Tata Ibadah Martumpol (Ikat Janji Pernikahan), Risda ini dibaptis tanggal 30 September 1979 dan enam belas tahun kemudian sidi di tempat yang sama, yaitu HKBP Duren Sawit ini, tepatnya tanggal 3 Desember 1995. Jadi, si Risda ini menjalani baptis, sidi, dan martumpol di tempat yang sama. Menariknya, acara pemberkatan nikah direncanakan juga di gereja yang sama, tempat mereka terdaftar sebagai anggota jemaat, Gereja HKBP Duren Sawit Ressort Duren Sawit.
.
Sedangkan Johannes Tambun ini, nama lengkapnya adalah Sanggam Johannes Dumoliono Tambun, belum pernah aku kenal sama sekali. Dia memiliki tempat kelahiran dan tanggal serta tahun lahir yang sama dengan Risda kecuali bulan kelahiran. Dia lahir di Jakarta tanggal 9 November 1978, putra dari bapak Drs. Junus M.A. Tambun dan Ibu T.M. br. Simanjuntak (Alm.)/S. Atur br. Naibaho. Mereka tinggal di Jl. Waru Dalam No.1 Cawang II Jakarta Timur. Johannes ini dibaptis tanggal 8 Juli 1979 dan sidi tanggal 25 Juni 1995 di HKBP Sutoyo Ressort Sutoyo tempat mereka terdaftar sebagai anggota jemaat.
.
Oh ya, meskipun aku gak begitu kenal ama si Risda ini, aku kenal kakak-kakaknya, yaitu Tiur Sagala, Sondang Sagala, dan Roma Sagala. Karena waktu aku kecil beberapa kali pernah nginap di rumah mereka waktu kami ke Jakarta. Sungguh mereka keluarga yang baik.
.
Acara ini selesai sekitar jam 17.00 wib. Banyak famili pada kumpul. Selesai acara gereja diteruskan acara makan-makan. Banyak juga disini makanan khas Batak seperti Lapet. Selain famili, disini aku bertemu juga dengan orang kantor (PGN), yaitu Pak Manangak Tambunan dari SPI, dan Pak Tambunan mantan Kepala Pusdiklat.
.
Setelah makan-makan kami pun pulang. Kami gak ikut acara Martonggo Raja. Sampai ketemu dua minggu lagi hari Sabtu tanggal 16 Agustus 2008 di gereja HKBP Duren Sawit jam 09.00 wib dalam rangka pemberkatan nikah mereka yang diteruskan dengan pesta adat pernikahan di Gedung Pertemuan "Mulia". Mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana.
.

Photos Slide : Risda Sagala Martumpol
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google