Piazza Venezia, Tyrrhenian Fountain, dan Victor Emmanuel II Monument, Lama tapi Modern


Piazza Venezia itu semacam alun-alun yang letaknya di tengah kota Roma. Jadi hampir semua lalu lintas akan melewatinya. Piazza itu artinya square atau alun-alun. Bangunan termegah dan dominan yang ada di situ adalah Vittoriano Emmanuelle Monument (Victor Emmanuel II Monument). Monumen ini memang didedikasikan untuk Kaisar Victor Emmanuel II yang dibangun masa Renaisance awal abad ke-19 ini. Dia itulah kaisar pertama Italia yang menyatukan seluruh Italia.....
.
Piazza Venezia
.
Wah megah banget, begitulah umumnya reaksi yang dirasakan para turis ketika pertama melihat kemegahan istana yang letaknya tidak jauh dari Colosseum ini. Bedanya dengan kemegahan koleseum yang kental akan suasana kepurbaannya :), tempat ini terasa lebih modern. Soale, hampir seluruh struktur bangunan terbuat dari marmer putih. Jadi terlihat mengkilap dan sejuk. Gak kalah sama gedung-gedung megah jaman sekarang. Padahal bangunan ini udah tua lho.
.
Di depan monumen ini didirikan pula patung Kaisar Victor Emmanuel II setinggi 12 meter. Kesan megah monumen ini juga ditunjang letaknya di atas bukit kecil. Jadi terlihat tinggi menjulang bila seseorang berdiri di alun-alun itu, Piazza Venezia. Karena tingginya bangunan, Monumen Victor Emmanuel II ini sering dijadikan landmark karena puncak bangunannya bisa dilihat dari berbagai arah di kota Roma ketika orang tersesat di sekeliling wilayah Piazza Venezia.
.
The Tyrrhenian Fountain
.
Sebagaimana ciri khas Italy, di piazza kayak gini pasti ada air mancur alias fountain. Nah, air mancur disini namanya Tyrrhenian Fountain. Disini rame turis dan copet. Hehehe. Trus, di dalam ada patung semen dari Raja Victor ini naik kereta kuda ala Benhur. Persis kayak patung yang ada di luar, terutama yang diatas gedung itu lho. Tapi kalo Benhur kudanya satu ato dua, sedangkan Raja Victor ini kudanya empat alias quadriga.
.
.
Menurut sejarah, pada masa jayanya, Musolini pernah menempati istana ini. Beberapa kali juga ia pernah berpidato lewat balkonnya di hadapan penduduk Roma. Keren banget ya..
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

2 komentar:

  1. TKU for info,
    Good place, i will be there on 02sep 2011

    BalasHapus

Google Search Engine
Google