Trevi Fountain alias Fontana di Trevi, Air Mancur Penuh Koin Duit

Air Mancur (Fontana atau Fountain) Trevi itu air mancur yang paling terkenal dan terindah di kota Roma, juga menjadi landmark dari kota ini. Kesan pertama tempat ini adalah romantis walaupun dipenuhi banyak turis. Letaknya di lapangan belakang dari gedung Palazzo Poli. Dibangun jaman Paus Clement XII melalui Nicola Salvi (1697-1751). Air mancur ini selesai tahun 1762 ini atas rancangan dari Bernini yang diperluas lagi oleh Leon Basttista Alberti.....
.
.
Trevi Fountain ini begitu menggugah dan menarik perhatian banyak orang untuk datang dan melihatnya, dimana suara gemuruh percikan air berjatuhan datang dari sini. Sumber air mancur ini dari penampungan air Acqua Vergine. Nama penampungan air ini sendiri mengandung arti seorang perawan yang menunjukkan mata air tersebut terhadap seorang prajurit Romawi yang sedang kehausan. Oh ya, di dekat situ ada yang jual es krim enak banget. Aku baru pernah makan es krim seenak itu. Asyik lho sambil lihat-lihat Trevi Fountain kita jilat-jilat es krim. Hehehe.
.
Warung es krim yang enak itu pas disamping toko Segatori
.
Kota Roma sebenarnya punya sekitar 4.000 fountain (kolam air mancur). Tapi gak ada kolam air mancur yang paling menarik dibandingkan Fontana Di Trevi ini. Patung-patung di Fontana Di Trevi itu bergaya Barok, yaitu patung Neptunus menunggangi lumba-lumba serta berbagai makhluk laut serta dewi-dewi laut lainnya. Cuma lagi mau kemana ya dia...? :)
.
Oh ya, tak lupa, saya disini melempar koin sambil membelakangi air mancur tersebut. Soale, menurut tradisi, jika kita melempar koin ke kolam di Air mancur ini sambil membelakanginya, maka kita akan datang kembali lagi ke Roma. Sayangnya, aku salah gaya dalam melempar koin tersebut. Karena katanya, cara yang sesuai adalah dengan jalan melempar koin dengan tangan kanan dengan melalui bahu kiri kita.:( Sementara bagi pelempar koin tiga kali di atas kepala, ia akan cepat mendapatkan jodoh. Percaya atau tidak, itu tergantung pada keyakinan masing-masing. Tapi, lantaran keyakinan itu Fontana Di Trevi terkenal di seluruh dunia, terutama bagi laki-laki maupun perempuan yang ingin cepat dapat jodoh. Tapi, aku pikir-pikir, pasti ada yang mungutin koin-koin ini. Tapi kapan ya waktunya? Midnight? Soale kalo gak diambil-ambil pasti penuh banget tuh kolam ama koin duit.
.
Oh ya, Fontana di Trevi ini juga merupakan Gereja sekaligus museum ditambah lagi tempat kunjungan wisata turis. Selama perjalanan di sekitar sini saya banyak melihat patung pada tembok-tembok bangunan. Selain itu pencahayaan air dan jalan yang bagus banget. Ini lho salah satu tempat favoritku selama ada di Itali.
.
.
Di sekitar ini juga banyak bangunan tua yang 'disulap' menjadi toko souvenir dan oleh-oleh. Pemandangan lainnya disini adalah toko-toko kecil ini tak lain merupakan bangunan-bangunan tua di sekitar Fontana di Trevi yang hanya diubah sedikit - agar kelihatan mengikuti perkembangan lingkungan yang makin modern - menjadi toko kerajinan, dan toko pakaian.
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google