The Canals in Bruges

Kayaknya orang ke Bruges ini mesti naik boat menyusuri kanal-kanal yang ada. Kurang lengkap kalo ke sini belum menyusuri kanal. Pas kami berdua naik boat ternyata sudah antri. Memang sih, dengan menyususuri kanal kita sepertinya sudah keliling kota Bruges ini. Banyak banget kanal di kota ini. Karena banyaknya kanal inilah, Bruges sering disebut 'The Venice of the North (Venesia dari Utara)'....
.
by sahat simarmata
Antri Mau Naik Boat
.
Dalam lima abad Sebelum Masehi pantai Flemish sudah beberapa kali dibanjiri air Laut Utara. Ketika air itu surut, tinggalkan alur laut yang berbeda-beda. Alur laut inilah yang menjadi kanal-kanal yang bisa dilalui kapal-kapal mencapai area di mana sekarang terletak kota Bruges. Dan kayaknya bangsa Viking sudah sampe disini lewat kanal-kanal ini. Soale asal kata 'Brugge' (Bruges dalam bahasa Flemish/Belgia) disinyalir berasal dari kata Skandinavia 'Bryggia' yang artinya tempat tambatan.
by sahat simarmata
Small Harbour @ The Canals, Bruges.
.
Pada Abad Pertengahan, kanal-kanal dan sungai ke Bruges harus disesuaikan dan diperbesar secara rutin untuk memungkinkan kapal-kapal dagang yang besar mencapai kota. Setelah abad ke-12, sebagian besar kargo dibawa ke outports (pelabuhan luar) di Damme dan Sluis, dua kota kecil abad pertengahan yang masih ada saat ini. Dalam masa keemasannya, sungai-sungai dan kanal-kanal terus-menerus dikeruk. Di dalam kota, sungai 'Reie' itu telah berubah menjadi jaringan kanal yang memungkinkan para pedagang membawa produk mereka ke Aula Air besar di Alun-alun Pasar. Di dalam Aula Air barang-barang itu disimpan atau dijual secara langsung. Aula Air (Water Halls) itu sudah tidak ada lagi sekarang. Di tempat itu kini berdiri Provincial Court (Gedung Pengadilan tingkat Propinsi) di Markt Square (Alun-alun Pasar).
.
by sahat simarmata
@ The Boat along The Canals in Bruges
.
Setelah melalui Damme, kapal-kapal itu memasuki Bruges di lokasi dimana sekarang kompleks Dampoort berada. The Dampoort adalah salah satu gerbang kota yang memungkinkan masuk ke kota Bruges ini. Dalam perjalanan ke Markt Square di pusat kota para pelaut mennyusuri kanal-kanal yang sekarang disebut Langerei, Potterierei (disini ada galangan kapal), Spiegelrei, dan Spinolarei. Akhirnya, dalam perjalanan mereka ke Makt Square, kapal-kapal besar itu melewati 'Crane', sebuah derek abad pertengahan yang digunakan untuk membongkar muatan dan barang dari kapal tersebut.
.
Poortersloge, Bruges
.
Oh ya, dari Spinolarei ini kita dapat melihat Poortersloge yang adalah sebuah loji atau tempat pertemuan untuk orang-orang sangat kaya dan penting (VVIP) dalam masyarakat Bruges. Mirip tempat perkumpulan Mason. Sering sekali ada konser, pesta-pesta dan perjamuan yang diselenggarakan di gedung ini. Di depan gedung itu ada Jan van Eyck Square lengkap dengan patung pelukis Flemish terbesar itu. Memang sih dia menghabiskan sepanjang waktu hidupnya sampai meninggal di Bruges (1444).
.
by sahat simarmata
The Boat @ The Canals in Bruges
.
Sekarang sudah tidak ada lagi kapal komersial yang berlayar di kanal-kanal ini lagi. Kanal tersebut sekarang hanya digunakan untuk wisata perahu/boat. Ada lima keluarga yang diizinkan untuk mengelola kunjungan wisata perahu di kanal. Setiap keluarga tersebut memiliki 4 perahu.
.

Photos slide : The Canals in Bruges
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google