Cathedral of Our Lady, Gereja Buntung dari Antwerpen

Katedral Gothic dari Virgin Maria ini merupakan fitur yang dominan kota Antwerpen, Belgia. Disebut juga Cathedral of Our Lady atau dalam Bahasa Belanda disebut Onze Lieve Vrouwekathedraal. Biasa disingkat dengan OLV-Kathedraal. Kalo dalam bahasa Indonesia kayaknya lebih pas denngan sebutan Katedral Bunda Maria. Katedral ini adalah katedral Katolik Roma, tepatnya dari Keuskupan Antwerpen. Katedral ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia. Kita dapat menemukannya dengan jalan masuk dari tepi sungai Scheldt(Schelde). Kalau diliat dari luar agak kejauhan, menara di bagian utara katedral terlihat sangat menarik.....
.sahat simarmata
Pembangunan katedral ini ini dimulai pada 1352 sampai dengan tahun 1521. Suatu masa konstruksi yang lama banget yaitu selama 269 tahun. Kathedral ini sungguh sebuah bangunan besar. Biayanya juga so pasti sangat besar. Sehingga pembangunannya sendiri belum pernah selesai tuntas. Karena kurang uang. Jadinya cuma satu menara yang jadi deh. Bangunan ini mengalami beberapa kali perubahan akibat penguasa ataupun kebakaran.
.
Kathedral ini berupa bangunan besar dengan 118 m adalah panjang dan lebar 65 m. Katedral ini memiliki tujuh aula dan 14 chapels. Klo ke atas hanya menyelesaikan satu menara, yaitu North Tower, dengan tinggi 123 m. Sedangkan menara yang satunya, yaitu South Tower, tingginya cuma separuh, yaitu 65,3 meter. Walupun begitu, menara katedral ini merupakan menara gereja tertinggi di Benelux (Belgia-Netherlands-Luxemburg).
.
.
Sedangkan tinggi lorong tengah 28 meter. Tinggi lantern atau persimpangan-menara dimana nave dan transept bertemu 43 meter. Sedangkan maksimum lebar nave 53,5 meter.
.
by sahat simarmata
.
Jumlah luas permukaan lantai 28 meter persegi. Luas permukaan atap lebih dari 10.000 meter persegi. Kapasitas gereja ini ada 2.400 kursi walaupun pada prinsipnya, Katedral dapat menampung 25.000 orang.
.
.
Kathedral ini memiliki 7 bays, 125 columns dan 128 jendela (yang 55-nya berupa kaca patri). Yang menarik adalah jendela-jendela besar yang terdiri dari kaca patri warna-warni itu melukiskan banyak cerita gerejawi.
.
The romantic Schyven organ (1891)
.
Selain itu ada 57 altar permanen yang tersebar di seluruh Katedral. Oh ya, ternyata masih ada juga organ Schyven dari abad kesembilan belas. Katedral ini juga mempunyai menara lonceng dengan 49 lonceng. Bel paling berat dinamai Karolus (1507) berat 6.434 kilogram.
.
sahat simarmata
Inside of the Cathedral of Our Lady
.
Klo masuk ke dalam katedral ini bayar tiket yang agak mahal buat sebuah gereja, 2 Euro. Soale pemeliharaan biaya Katedral ini mencapai 1.5 juta euro per tahun. Wah, gak cuma biaya konstruksinya aja yang mahal, teryata biaya pemeliharaannya juga mahal. :-(
.
by Sahat Simarmata
Main Door
.
Desain gereja ini dalam gaya Gotik dengan arsitek Jan dan Pieter Appelmans. bapak dan anak. Katedral ini berisi sejumlah karya-karya penting pelukis Baroque yaitu Peter Paul Rubens, serta lukisan karya seniman seperti Otto van Veen, Jacob de Backer dan Marten de Vos.
.
.
Di sebelah barat ada patung misionaris Santo Willibrordus. Ia diperkirakan telah menghabiskan waktu di Antwerpen ini pada abad ke-7.
.
.
Di dalam katedral ini banyak karya seni indah. Setahuku aja ada 3 karya Peter Paul Rubens disini, yaitu The Raising of the Cross, Assumption of the Virgin Mary, dan The Descent from the Cross. Dia adalah pelukis terkenal yang berasal dari Antwerpen ini. Hebat ya.
.
Selain hal-hal indah, Katedral ini juga mempunyai kuburan bawah tanah, berlokasi tepat di bawah lantai katedral, yang menyimpan jasad penguasa ataupun orang kaya pada jamannya. Beberapa dibongkar untuk penelitian dan juga bisa dikunjungi publik (agak serem juga tempatnya, hehe). Soale dulu banyak orang, terutama orang kaya, yang pengen dimakamkan di gereja. Biar dekat surga...
.

Photos Slide : Cathedral of Our Lady
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google