Jeanneke Pis, Pasangannya Manneken Pis

Nggak banyak orang yang tahu, kalau ternyata Manneken Pis itu punya pasangan, Jeanneke Pis namanya. Patung anak perempuan yang juga lagi pipis ini kalah terkenal apabila dibandingkan dengan nama besar Manneken Pis yang menjadi ikon kota Brussels. Padahal, letaknya gak jauh-jauh amat dari alun-alun Grote Markt (Grand Place / Main Square), tiga blok ke arah timur laut.....
.
Patung Jeanneke Pis ini terletak di ujung gang buntu Fidelite dan gak banyak didatangi turis. Kontras dengan situasi banyak turis di depan Manneken Pis.
.
The Legend of Jeanneke Pis
.
Jeanneke Pis yang juga dibuat dari bahan perunggu, berbentuk anak perempuan dengan rambut kepang sedang pipis sambil berjongkok. Patung ini dibuat oleh Denis-Adrien Debouvrie pada 1985. Tinggi Jeanneke Pis pun dibuat sama dengan Manneken Piss.
.
Prasastinya Denis Adrien Debouvrie
.
Mungkin karena masih baru, jadi dianggap tidak punya nilai historis dibandingkan Manneken Pis yang mempunyai banyak versi legendanya. Umurnya memang tidak sebanding. Malah mungkin pembuat patungnya pun masih hidup. Tapi rupanya pria tua pembuat patung ini telah meninggal terbunuh dalam bulan September 2008 pada usia 74th. Selain pembuat patung Jeanneke Pis, dia juga dikenal sebagai pemilik beberapa restaurant di kawasan tersebut. Sebulan sebelum kami ke kawasan ini.
.
BTW, patung-patung pipis ini memberiku ide. Suatu hari kelak mungkin aku akan membuat patung anjing yang lagi pipis. Blum ada kan? Namanya apa ya kira-kira? Bagaimana klo Doggieke Pis ato Blacken Pis ? ;-)
.

Photoslide of Jeanneke Pis
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.  
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine
Google